Redaksi
Selasa, 5/23/2023 07:54:00 AM WIB
HeadlinePendidikan

215 Siswa SMA Negeri 3 Kuningan Study Tour Ke Kawasan Wisata Bromo dan Universitas Negeri Malang Provisni Jawa Timur

Advertisment

KUNINGAN, (BK).-

Sebanyak 215 siswa kelas XI IPA dan XI IPS SMA Negeri 3 Kuningan melaksanakan study tour ke kawasan wisata Bromo dan berkunjung ke Universitas Negeri Malang Provinsi Jawa Timur (Jatim) berlangsung selama tiga hari, berakhir Kamis (17/5/2023).

Kegiatan yang dilaksanakan secara rutin setiap lewat study tour ini merupakan agenda kegiatan bidang kesiswaan SMA Negeri 3 Kuningan. Kegiatan study tour ini didampingi sebanyak 12 guru terdiri dari wali kelas dan pengelola di bawah koordinator Wakasek Kesiswaan. Selain study tour menunju objek wisata dimaksud, juga ada kunjungan kampus Universitas Negeri Malang. Hal ini dimaksud agar siswa untuk mengenal lebih jauh tentang perguruan tinggi yang ada di kota Malang itu. Dalam hal ini, sekolah selalu mendukung atas kegiatan tersebut karena membawa manfaat serta menambah wawasan bagi peserta didik.

“Mereka (para siswa) akan memahami tentang jurusan yang akan di ambil atau diminati setelah naik kelas XII nanti. Mereka dengan dengan mudah dan tepat untuk memilih jurusan yang sesuai dengan keinginan, kemampuan serta latar belakang cita-cita masing-masing siswa,” kata Kepala SMA Negeri 3 Kuningan, Moh Chaeri MPd.I. melalui guru senior, Kanda SPd, MPd, Senin (22/5/2023).


Dijelaskannya, peserta study tour saat berada di kawasan wisata tersebut sempat menikmati keindahan spot sunrise atau saat-saat matahari terbit diantara perbukitan, gunung, lembah, kawah dan padang pasir dengan suhu udara dingin dan sejuk akan membuat badan segar dan pikiran tenang. Rombongan kemudian melanjutkan perjalanan pada pagi hari untuk mengunjungi tempat-tempat wisata di sana, diantaranya Pasir Berbisik, Mentingen/Bukit Kingkong, Bukit Teletubies, Kawah Bromo dan Gunung Batok.

Rombongan setibanya di Universitas Negeri Malang disambut langsung oleh Divisi Humas Universitas tersebut. Sementara sebagai perwakilan dari SMA Negeri 3 Kuningan untuk memberikan sambutan diserahkan penuh pada Kanda,S.Pd, M.Pd. Pihkanya berharap dengan adanya kunjungan tersebut para siswa akan termotivasi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

“Diharapkan dengan berkunjungnya ke UNM, mampu memotifasi anak-anak kami untuk terus melanjutkan pendidikan ke tingkat universitas agar bisa menjadi orang yang mampu memajukan negeri ini. Selain itu, karena kami seringkali mendapat informasi dan keinginan siswa dalam menentukan arah pendidikan ke depan masih belum jelas. Sehingga mereka membutuhkan informasi yang lengkap dan akurat sebagaimana disampai Divisi Humas Universitas Negeri Malang,” ujarnya.


“Alhamdulillah, seusai melaksanakan study tour dan kunjungan ke UNM. Rombongan kembali ke Kuningan. Semaunya dalam kondisi selamat dan sehat, begitu pula perjalanan tour lancar dan tidak ada kendala apapun,” papar Kanda.

Dijelaskannya, study tour merupakan program rutin sekolah yang diadakan bagi seluruh siswa kelas XI. Tujuan agenda tour ini adalah untuk memberikan refreshing dari kepadatan jadwal belajar di sekolah serta pembelajaran bagi siswa dalam bentuk yang lain. Dalam kegiatan study tour siswa belajar bagaimana disiplin tepat waktu, bersosialisasi bersama teman dan saling berbagi. Kegiatan kunjungan ke Universitas Negeri malang dalam rangka menambah wawasan siswa dalam memahami dan mengetahui perdunia kampusan. Hal ini tentu penting bagi siswa untuk mendapatkan informasi seputar kampus dan jurusan yang ada di perguruan tinggi tersebut. (Fikhar/BK)