Redaksi
Jumat, 6/23/2023 08:37:00 AM WIB
BirokrasiHeadline

Bupati Kuningan Hadiri Penandatanganan Kesepakatan Pilkada Serentak 2024

Advertisment

BANDUNG, (BK).-


Bupati Kuningan H. Acep Purnama hadir dan ikut serta dalam penandatanganan Naskah Kesepakatan Bersama tentang komponen pendanaan bersama pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024. Acara berlangsung di Aula Barat Gedung Sate, Kota Bandung, pada Rabu (21/06/2023).

Penandatanganan kesepakatan ini melibatkan kepala daerah dari seluruh Kabupaten/Kota se-Jawa Barat. Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, dalam sambutannya menekankan bahwa dari 9 komponen Pilkada serentak, 7 komponen akan dibiayai oleh Pemerintah Provinsi, sementara 2 komponen lainnya akan ditanggung oleh pemerintah daerah.

Gubernur Ridwan Kamil juga berharap bahwa para kepala daerah yang terpilih nantinya mampu menjadi pemimpin yang amanah. Ia mengungkapkan bahwa jumlah pemilih diperkirakan akan mencapai hampir 35 juta jiwa pada tahun 2024.

“Partisipasi pemilih di Jawa Barat sudah baik, mencapai 79%, dan saya berharap tahun ini dapat mencapai angka 80an. Saya mengimbau kepada Asda 1 dan kepala daerah untuk menyosialisasikan pilkada, terutama kepada pemilih Generasi Z, dengan membuat kampanye yang kreatif agar generasi muda tidak menjadi apatis,” pesan Gubernur Ridwan Kamil.

Gubernur Ridwan Kamil juga menyoroti pentingnya keamanan dan kondusifitas dalam pelaksanaan Pilkada serentak yang akan dilaksanakan pada bulan November, dengan jadwal pelaksanaan yang berbeda-beda. Ia mengimbau agar tidak ada “dinamika yang tidak perlu” dalam proses tersebut.

“KPU harus memberikan ketegasan dalam mengatur aturan, menentukan mana yang boleh dan mana yang tidak. Kita harus menjaga kondusifitas dalam Pilkada ini,” tegas Gubernur Ridwan Kamil.

Turut hadir dalam acara penandatanganan ini Asisten Daerah 1 Provinsi Jawa Barat, Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Barat, Wakil Ketua Komisi 1 DPRD, KPU, dan Bawaslu Provinsi Jawa Barat. Dengan kehadiran mereka, diharapkan koordinasi yang baik dapat terjalin untuk suksesnya Pilkada serentak tahun 2024 di Jawa Barat. (Apip Syaripudin/BK)