Redaksi
Senin, 6/05/2023 06:46:00 AM WIB
Giat MasyarakatHeadline

Komunitas Clean The City Bareng DLH Kuningan Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Advertisment



KUNINGAN, (BK).-

Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh setiap tanggal 5 Juni, Pemerintah Kabupaten Kuningan melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kuningan bekerja sama dengan Komunitas Clean The City menggelar kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan, terutama dalam pengelolaan sampah. Acara ini digelar pada Minggu pagi, (4/6/2023), seiring dengan kegiatan masyarakat yang berolahraga di area Car Free Day.

Rute kegiatan dimulai dari Taman Kota Kuningan hingga mencapai Pandapa Paramarta. Acara ini dihadiri oleh sekitar 100 orang, termasuk masyarakat JAI Manislor yang tergabung dalam komunitas Clean The City.

Bupati Kuningan, Acep Purnama, secara resmi membuka acara ini dengan menyerahkan peralatan kebersihan kepada perwakilan Komunitas Clean The City Kuningan.

Bupati Kuningan, dalam sambutannya, menekankan pentingnya pengelolaan sampah dengan bijak. Ia mengajak seluruh masyarakat dunia untuk membuang sampah pada tempatnya. Barang-barang bekas yang masih bisa digunakan sebaiknya didaur ulang, sedangkan yang tidak dapat digunakan lagi sebaiknya dibuang sesuai dengan peruntukannya.

Bupati Kuningan juga menghimbau semua elemen masyarakat untuk membawa sampah organik yang dapat ditukarkan dengan sembako di stand DLH yang berlokasi di Pandapa Paramarta.

“Saya sangat bangga dengan DLH Kabupaten Kuningan yang hari ini memiliki program menukar sampah dengan kebutuhan rumah tangga (sembako), ini adalah kegiatan yang sangat baik. Kepedulian pemerintah terhadap masyarakat diharapkan dapat memotivasi agar sampah bisa dipilah dari rumah dan ditukar dengan kebutuhan sehari-hari di dinas DLH ini,” ujar Bupati Kuningan.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat memotivasi masyarakat Kuningan untuk lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan. Terutama dalam hal penggunaan sampah plastik yang perlu dikurangi dan pengelolaan sampah organik yang bisa dimanfaatkan secara lebih bijak. Melalui partisipasi aktif semua elemen masyarakat, diharapkan Kabupaten Kuningan dapat menjadi contoh dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.

Selain itu, kegiatan ini juga merupakan bentuk nyata kerjasama antara pemerintah daerah dan komunitas dalam menjaga kebersihan lingkungan. Dengan saling mendukung dan bekerja sama, diharapkan langkah-langkah untuk menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan dapat dilakukan secara efektif dan berkelanjutan.

Komunitas Clean The City, sebagai mitra dalam kegiatan ini, juga memberikan kontribusi besar dalam menggalang kesadaran masyarakat akan pentingnya pengelolaan sampah. Dengan membersihkan area Car Free Day dan melakukan kampanye langsung kepada masyarakat, mereka menjadi agen perubahan dalam membangun kesadaran lingkungan yang lebih baik.

Dalam kesempatan tersebut, masyarakat Kuningan juga diajak untuk terus mendukung program-program kebersihan yang diinisiasi oleh pemerintah daerah. Dukungan dari masyarakat sangat penting dalam menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, dan nyaman untuk ditinggali.

Hari Lingkungan Hidup Sedunia merupakan momen yang tepat untuk mengingatkan kembali betapa pentingnya menjaga dan merawat lingkungan. Dengan kegiatan seperti ini, diharapkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya kebersihan dan pengelolaan sampah semakin meningkat, sehingga lingkungan yang lebih baik dapat tercipta di Kabupaten Kuningan.

Melalui kerjasama yang erat antara pemerintah daerah, komunitas, masyarakat, media, dan sektor swasta, diharapkan upaya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan dapat terus ditingkatkan. Bersama-sama, kita dapat mewujudkan Kabupaten Kuningan yang bersih, hijau, dan berkelanjutan untuk generasi masa depan.

Dalam sambutannya, Kepala DLH Kabupaten Kuningan, Wawan Setiawan, mengajak masyarakat untuk lebih peduli dan sadar akan pentingnya pengelolaan sampah.

“Saya ingin mengajak masyarakat supaya lebih peduli dan sadar dengan tidak membuang sampah sembarangan tetapi sampah itu dikelola,” ujar Wawan Setiawan.

Program ini melibatkan pemerintah daerah seperti DLH, komunitas, masyarakat, unsur media, dan beberapa perusahaan swasta serta dunia usaha lainnya yang memberikan dukungan. Wawan berharap agar semua elemen masyarakat dapat terlibat dalam program ini, karena pengelolaan sampah adalah tanggung jawab bersama.

Selama proses penyisiran jalan dari Siliwangi hingga Pandapa Paramarta, Komunitas Clean The City membersihkan sampah di sepanjang jalan area Car Free Day dan melakukan kampanye melalui spanduk dan poster yang ditampilkan kepada masyarakat. Himbauan tentang pentingnya menjaga kebersihan juga disampaikan melalui pengeras suara. (Apip Syaripudin/BK)