Redaksi
Senin, 7/24/2023 08:50:00 AM WIB
HeadlinePendidikan

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMA Negeri 3 Kuningan Tahun Pelajaran 2023/2024 Beri Kesan Positif dan Menyenangkan

Advertisment

KUNINGAN, (BK).-


Selama kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMA Negeri 3 Kuningan tahun pelajaran 2023/2024, seluruh pemateri berupaya memberikan kesan positif dan menyenangkan khusunya bagi para peserta didik baru.

Kepala SMA Negeri 3 Kuningan, H Mochammad Chaeri M.Pd.I, didampingi Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Bidang Humas, Susi Susanti MPd, Jumat (21/6/2023), mengatakan, kegiatan MPLS pertama masuk sekolah untuk pengenalan program, sarana/prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur sekolah. MPLS dilaksanakan dalam jangka waktu paling lama tiga hari pada minggu pertama awal tahun pelajaran pada hari sekolah dan jam pelajaran. Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi siswa baru ini dilaksanakan untuk mendukung proses pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.

“Kegiatan MPLS ini bersifat edukatif dan kreatif untuk mewujudkan sekolah sebagai tempat belajar yang ramah lingkungan, sejuk dan nyaman bagi peserta didik. Kegiatan yang dilakukan bersifat positif berkaitan dengan muatan karakter. Hal ini sesuai dengan konsep pada kurikulum merdeka yang menekankan pendidikan berkarakter pada peserta didik,” tutur H Chaeri.


Ditambahkan dia, MPLS bertujuan untuk memberikan kesan positif dan menyenangkan kepada peserta didik baru tentang lingkungan sekolahnya. Secara rinci MPLS itu upaya mengenali potensi diri siswa baru, beradaptasi siswa dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya. Yakni; terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah. Selain itu, menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara elajar efektif sebagai siswa baru. Termasuk mengembangkan interaksi positif antar siswa dan warga sekolah lainnya. Menumbuhkan perilaku positif sesuai dengan pendidikan karakter di Indonesia.

“Melalui MPLS ini diharapkan dapat memotivasi peserta didik baru agar bangga terhadap sekolahnya,” tutur H Chaeri.

Ketua PPDB SMA Negeri 3 Kuningan, Rita Puspita ST, SPd, MPd, mengemukakan, kegiatan MPLS ini diikuti oleh 360 siswa baru terdiri dari jalur afirmasi, perpindahan tugas orang tua/wali/anak guru/tenaga kependidikan, prestasi dan zonasi. Saat pembukaan MPLS ditandai dengan pemukulan gong 3 kali oleh kepala sekolah dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis 2 perwakilan siswa serta bergabung secara daring mengikuti pembukaan PLS tingkat Provinsi (sesuai jadwal acara pembukaan tingkat Provinsi Jawa barat). SMA Negeri 3 kuningan melaksanakan MPLS mulai 17-20/Juli 2023 (Senin, Selasa, Kamis dan Jumat).

“Penyampaian materi dikemas dengan cara edukatif dan menarik agar menghilangkan kejenuhan siswa selama MPLS berlangsung. Materi MPLS tersebut antara lain, pengenalan guru dan TU, pendidikan kepramukaan, kebijakan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat tentang membangun peserta didik yang berkarakter/Jabar Masagi, Lagu Pelajar Pancasila, pengenalan tata tertib sekolah/siswa/tata karma dan literasi digital,” papar Rita.


Ditambahkannya, selain itu, juga disampaikan materi terkait sekolah ramah anak, pengenalan sarana dan prasarana sekolah, pengenalan kurikulum, PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat), tata tertib berlalu lintas dan anti narkoba. Adapun pemberi materi MPLS terdiri dari kepala sekolah, para Wakasek, pembina ekskul dan mendatangkan nara sumber dari berbagai profesi untuk berbagi ilmu dan pengalaman seperti dari Puskesmas Lamepayung dan Kepolisian.

“Selain itu, siswa juga melakukan kegiatan pembiasaan karakter misalnya, melakukan baca quran bersama sebelum kegiatan dan shalat dhuhur berjamaah di Mesjid SMA Negeri 3 Kuningan. Pada akhir kegiatan MPLS dilakukan senam bersama, penutupan dan demo ekstra kurikuler. Dalam acara tersebut melibatkan siswa kelas XI dan XII dengan menggelar kegiatan bazar makanan dan minuman hasil kreatifitas siswa tiap kelas,” pungkas Rita. (BK/HEM)