Redaksi
Rabu, 7/19/2023 08:52:00 PM WIB
HeadlinePendidikan

MPLS SMA Negeri 1 Jalaksana Wujudkan Generasi SMANJA BERSERI

Advertisment

KUNINGAN, (BK).-


Memasuki hari pertama Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tahun pelajaran 2023-2024, SMA Negeri 1 Jalaksana Kabupaten Kuningan bertekad untuk mewujudkan generasi SMANJA BERSERI (Berprestasi, Sehat, Empati, Religius dan Inovatif).

“Alhamdulillah, mamasuki hari pertama MPLS dibuka langsung Bapak Kepala SMAN 1 Jalaksana, H Nanang Warsa MPd berlangsung aman, tertib dan lancar. Dalam kegiatan tersebut ditandai dengan pelepasan balon keudara diiringi tepuk tangan peserta MPLS sebanyak 396 siswa baru tahun ajaran 2023/ 2024. Sehingga SMANJA ini tidak kalah seru dan menarik dibanding dengan sekolah lainnya,” kata Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Kesiswaan SMA Negeri 1 Jalaksana, Entus, Selasa (18/7/2023).

Dijelaskannya, sebagaimana dalam pelaksanaan MPLS ini sesuai komitmen untuk menyiapkan insan BERSERI, yakni berprestasi dalam matapelajaran akademi non akademi, sehat jasmani dan rohani, religius dalam agama, empati antar sesama dan inovatif dalam berkarya. Sedangkan MPLS SMAN 1 Jalaksana menghadirkan sejumlah pemateri muda yg kompenten sesuai dibidangnya. Adapun materi yang disampaikan antara lain, kebijakan Dinas Pendidikan Provinsi Jabar tentang membangun SDM unggul Jawa Barat (Jabar Masagi) yang disampaikan Kepala SMA Negeri 1 Jalaksana.

“Selain itu, wawasan Wiata Mandala disampaikan Bapak Maulana Hidayatussolihin SPd, materi pembinaan mental dan Karakter oleh Bapak Dicki Cahya Nur Sidik MPd. Termasuk materi menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif disampai Ibu Popy Julianti SPd. Sementara tata krama dan etika siswa oleh Bapak Iding Jaenal Abidin SPd, bahaya narkoba bagi generasi muda pematerinya dari Polres Kuningan. Adapun pengenalan Kurikulum Merdeka disampaikan Bapak Stefanus Mugia SPd dan empat pilar kebangsaan oleh Bapak Arif Rismayadi SPd,” paparnya.


Ditambahkan dia, Kepala Sekolah SMAN 1 jalaksana, H Nanang Warsa MPd, memberikan materi kebijakan Dinas Pendidikan Provinsi tentang membangun Sumber Daya Manusia (SDM) unggul Jawa Barat (Jabar Masagi). Dalam hal ini, peserta MPLS harus dan wajib tahu Jabar Masagi yaitu menumbuhkan manusia Masagi Jawa Barat untuk belajar merasakan (surti/rasa), belajar memahami (harti/karsa), belajar melakukan (bukti/karsa), belajar hidup bersama (bakti/dumadi nyata) untuk melayani

“Alhamdulillah, SMAN 1 Jalaksana untuk tahun pelajaran 2023/2024 sudah melaksanakan IKM : Mandiri Berubah dan sekarang lagi melaksanakan Mandiri Berbagi. Jabar Masagi bisa diimplementasikan dalam P5 (projek penguatan profil pelajar Pancasila) yang mana memiliki ciri/karakteristik Pelajar Pancasila. Dimensi ini antara lain: beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia; mandiri; bergotong-royong; berkebinekaan global; bernalar kritis dan kreatif,” jelas H Nanang.

Dikatan dia, Jabar Masagi merupakan program bertujuan menguatkan fondasi generasi muda di Jabar dengan nilai-nilai pendidikan karakter. Hal itu diwujudkan dengan mengembalikan pendidikan budi pekerti yang berdampak pada perilaku sosial dan nilai-nilai kearifan lokal Jabar menjadi dasarnya. Dengan Jabar Masagi, generasi muda SMANJA diharapkan dapat menjadi manusia berbudaya. Manusia berbudaya ini memiliki kemampuan untuk bisa belajar merasakan (surti/rasa), belajar memahami (harti/karsa), belajar melakukan (bukti), belajar hidup bersama (bakti/dumadi nyata).

“Dengan demikian SMAN 1 Jalaksana harus memiliki karakteristik tetap semangat belajar dan berlatih untuk pengembangan diri agar bisa menjadi sosok Pelajar Pancasila yang hebat. Sesuai motto SMANJA BERSERI,” pungkas H Nanang. (HEM)