Redaksi
Senin, 7/31/2023 06:03:00 AM WIB
EkbisHeadlineMuslim

Pondok Pesantren Nurul Huda Kertawangunan Kecamatan Sindangagung Santuni Sebanyak 83 Anak Yatim-Piatu

Advertisment

KUNINGAN, (BK).-


Keluarga besar Pondok Pesantren (Pontren) Nurul Huda Desa Kertawangunan Kecamatan Sindangagung Kabupaten Kuningan menggelar aksi sosial dalam bentuk pemberian santunan sebanyak 83 anak yatim piatu berlangsung di pondok setempat, Rabu (26/7/2023).

Kegiatan sosial bertepatan peringatan pergantian tahun baru Islam 1445 H/2023 M itu ditandai dengan kegiatan istighosah dipandu langsung oleh Pimpinan Umum Pondok Pesantren Nurul Huda, Buya KH. Abdul Syukur jajarannya. Pemberian santunan berupa sejumlah uang tunai diawali oleh Ketua Yayasan Nurul Huda Kertawangunan, KH Muhammad Fahmi Fauzan, beserta dewan kyai dan donatur yang diiringi doa penuh hidmat dan kasih sayang.


“Alhamdulillah, hingga saat ini Pondok Pesantren Nurul Huda tetap istiqomah untuk mengadakan acara santunan anak yatim piatu. Untuk itu, kami menghaturkan terima kasih sedalam-dalamnya kepada Allah Swt yang mengijinkan terlaksananya kegiatan tersebut. Tak lupa pada para donatur yang berkenan menyisihkan sebagian rejekinya untuk anak-anak yatim dan piatu,” kata unsur pimpinan Ponpes Nurul Huda, Hj. Imas Maesyaroh yang akrab disapa Umi itu.

Dikemukakan Umi, kegiatan santunan ini merupakan kegiatan rutin yang digelar setiap tahun, khususnya diawal bulan Muharam, berlangsung sejak tahun 2015. Adapun tujuan aksi kemanusaisaan tersebut antara lain, sebagai ungkapan rasa syukur terhadap Allah Swt, juga dalam rangka memaknai Bulan Muharram 1445 Hijriyah. Disamping itu tujuan santunan anak yatim ini adalah untuk memuliakan anak yatim-piatu, menumbuhkan nilai-nilai sosial kemasyarakatan dan memupuk pribadi yang baik, berbagi dan kasih sayang terhadap sesama.


“Oleh karena itu, adik-adik jangan bersedih meski tidak memiliki ibu dan bapak lagi, namun bersedihlah apabila hidup ini tidak didasari dan dibekali ilmu agama. Insya Allah, adik-adika dimasa mendatang akan menjadi anak yang shaleh/shalehah serta meraih kebahagiaan dunia dan akhirat,” ungkap Hj Imas.

Dijelaskannya, santunan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap sesama dan juga sebagai bentuk rasa syukur kehadirat Allah SWT. Untuk kali Pondok Pesantren Nurul Huda Kertawangunan memberikan santunan kepada 83 anak yatim piatu yang ada di lingkungan pondok maupun warga sekitarnya. Mudah-mudahan yang baik ini dapat menebarkan kebermanfaatan dan saling tolong-menolong dalam kebaikan diantara kita. Mudah-mudahan kegiatan yang dilakukan secara rutin ini dapat memberikan manfaat bagi kemaslahatan umat, khususnya anak yatim piatu yang ada di sekitar kita. (BK/HEM)