Redaksi
Sabtu, 7/29/2023 10:08:00 AM WIB
BirokrasiHeadline

Sebanyak 15 Cabang Olahraga Porpemda Akan Digelar di Kuningan

Advertisment

KUNINGAN (BK),-


Sebanyak 15 cabang olahraga (cabor) pada Pekan Olahraga Pemerintah Daerah (Porpemda) bakal digelar di Kabupaten Kuningan sebagai tuan rumah sebagaimana hasil rapat Bapor Korpri Jawa Barat yang dihadiri 27 kabupaten/kota, bertempat di ruang rapat Linggajati Setda Kuningan, Rabu (27/7/2023).

Sekda Kabupaten Kuningan, Dr H Dian Rachmat Yanuar, M.Si, yang juga Ketua DP Korpri Kabupaten Kuningan, menyambut dengan baik dan penuh optimis untuk mensukseskan Porpemda di Kuningan sebagai tuan rumah. Bahkan, pada tahun 2012, Porpemda di Kuningan banyak melahirkan atlet berprestasi hingga ke tingkat Pekan Olahraga Nasional Korps Pegawai Republik Indonesia (Pornas Korpri).

“Porpemda ini bukan hanya sebagai ajang pertandingan olahraga, melainkan media untuk menjadikan Kuningan sebagai daerah kunjungan wisata internasional, dan mempromosikan UMKM dengan target minimal mencakup wilayah 27 kab/kota di Jawa Barat,” jelas H Sekda Dian.


Dikatakan dia, bahwa pelaksanaan Porpemda akan dibuka pada tanggal 25-29 November 2023 bersamaan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Korpri. Namun, ada beberapa cabang olahraga (Cabor) yang akan dimulai sebelum pembukaan resmi. Adapun beberapa cabang olahraga yang akan dipertandingkan antara lain gerak jalan, bola voli, tenis meja, tenis lapang, bulu tangkis, catur, senam Jabar juara, futsal, golf, biliar, bola basket, tarompang panjang, hadang, sumpitan, dan egrang,” sebutnya.

Ketua DP Korpri Jawa Barat, Drs. H. Daud Achmad, mengatakan bahwa Kabupaten Kuningan telah menjadi tuan rumah pada Porpemda tahun 2012 dapat berjalan dengan sukses, meriah, dan berhasil melahirkan sejumlah atlet yang kemudian berkompetisi di Pornas dan membawa pulang gelar juara umum untuk Jawa Barat. Porpemda yang akan diselenggarakan bulan November mendatang menjadi ajang olahraga untuk mencari bibit-bibit atlet, mengingat banyaknya potensi atlet di setiap kabu[aten/kota. Semangat sportifitas dan silaturahmi menjadi hal yang diutamakan dalam penyelenggaraan ini.


Sementara itu, Wakil Ketua Korpri Jabar, Drs. H. Asep Sukmana, menyampaikan ajakan untuk sepakat menjadikan Kabupaten Kuningan sebagai tuan rumah Porpemda tahun sekarang, dengan pelaksanaan sesudah dan sebelum HUT Korpri yang jatuh pada 29 November, dengan peserta diikuti oleh ASN meliputi PNS, CPNS dan PPPK.

“Kami berharap kegiatan Porpemda yang akan diselenggarakan di Kuningan dapat berjalan dengan lancar, aman, tertib dan sukses,” ujarnya. (BK/HEM)