Redaksi
Senin, 8/07/2023 10:08:00 AM WIB
HeadlinePendidikan

85 Angota Pramuka SMA Negeri 3 Kuningan mengikuti Kegiatan PPCB Di Kawasan Wisata Desa Sakerta Timur Berakhir Minggu

Advertisment

KUNINGAN, (BK).-


Sebanyak 85 anggota pramuka plus undangan ekskul SMA Negeri 3 Kuningan mengikuti kegiatan Perkemahan Penerimaan Calon Bantara (PPCB) berlangsung di kawasan wisata Desa Sakerta Timur Kecamatan Darma berkahir Minggu (6/8/2023).

Pembina Pramuka SMA Negeri 3 Kuningan, Asep Nugrah Eirawan SE, didampingi tiga orang penanggungjawab pelaksana, yakni; Nida Nurmiladia Rahmah SPd, Didi Ahmadi SPd dan Annita Orientianta SPd, mengungkapkan, adapun Peserta Calon Bantara 33 personil itu putra sebanyak 16 orang, putri 18 orang dan berjumlah sebanyak 34 orang. Sedangkan Bantara 32 peserta putra 13 orang, putri 20 berjumlah 33 orang. Ditambah undangan ekskul dan lain-lain dengan jumlah keseluruhan mencapai 85 orang.


“Adapun maksud dan tujuan kegiatan tersebut antara lain, meningkatkan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Termasuk mengenalkan disiplin, tanggungjawab, kebersamaan dan kemandirian dalam dalam menghadapi masalah. Selain itu, belajar mencintai lingkungan, meningkatkan gairah peserta didik dalam mengikuti latihan pramuka serta mempersiapkan calon pengurus Pramuka Gudep 09129 dan 09130 SMA Negeri 3 Kuningan,” ujar Asep.

Kepala SMA Negeri 3 Kuningan, H Moch Chaeri MPd.I, mengemukakan, kegiatan PPCB tersebut dalam rangka estapet kepemimpinan serta pelaksanaan program kerja tahunan Gerakan Pramuka Gudep 09129 dan 09130 SMA Negeri 3 Kuningan tahun pelajaran 2023/2024. Salah satunya mengadakan PPCB. Untuk itu kami melaksanakan kegiatan tersebut dalam upaya melantik kepengurusan Dewan Ambalan. Selain itu mengharapkan kepramukaan du sekolah kami dapat menunjang prestasi, minimal di tingkat Kwartir Ranting maupun Kwartir Cabang dalam pemahaman bidang kepramukaan.

“Kegiatan kepramukaan di kawasan wisata Sakerta Timur ini memakan waktu selama tiga hari, Jumat (4/8/2023) sampai dengan Minggu (6/8/2023) mendatang. Adapun tema kegiatan saat ini, yakni; Atma Karsa, Dirandra yang mengandung arti membangun jiwa mulia dengan kehendak Yang Maha Kuat,” ujar H Chaeri.


Dijelaskan dia, jiwa pasti dimiliki oleh setiap manusia namun jiwa mulia tidak pasti dimiliki oleh setiap manusia. Menggunakan kata kehendak dimaksudkan untuk keinginan atau membuat keputusan dengan bersungguh-sungguh, karena keinginan yang tidak bersungguh-sungguh hanya akan menjadi angan-anganbelaka. Dirandra itu bermakna kuat namun bukan perihal tubuh melainkan menyangkut raga dan sukma.

Menurut keterangan, setelah terbentuk Bantara, maka akan dilanjutkan dengan kegiatan Perkemahan Penerimaan Tamu Ambalan (PPTA). (HEM/BK)