Redaksi
Minggu, 8/06/2023 06:54:00 AM WIB
EkbisHeadline

Pemdes Tambakbaya Deklarasikan ODF

Advertisment

KUNINGAN, (BK).-

Dalam rangka mewujudkan cita-cita pemerintah yaitu Universal Health Coverage atau cakupan kesehatan semesta, Desa Tambakbaya Kecamatan Garawangi mendeklarasikan Desa (ODF) Open Defecation Free bersama masyarakat yang juga disaksikan langsung oleh Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH. Sabtu (5/8/2023).

Hadir pula pada kesempatan tersebut Sekretaris Dinas Kesehatan Drs. H. Tedy Noviandi, M.Si, Camat Garawangi R. Imam Reabdiantoro, S.Sos, M.Si, Muspika Kecamatan Garawangi, Kepala Puskemas Garawangi, Dr. Hj. Yati Rochdiyawati Hadiyat, M.Km, Kepala Desa Tambakbaya Lukman Mulyadi, serta kepala desa sekitar.

“Sekali lagi apresiasi untuk Tambakbaya yang telah meningkatkan kesadaran masyarakat dengan melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai bahaya buang air besar sembarangan, karena ODF ini juga dapat manjadi faktor indikator kesejahteraan dan kesehatan masyarakat. Dan berbicara kesehatan lingkungan bukan hanya lingkungan yang bagus saja akan tetapi harus memperhatikan tidak adanya pencemaran di lingkungan”, ungkapnya.

Selain mendeklarasikan ODF, Desa Tambakbaya sekaligus melaunching objek wisata Perkemahan dan Soft Rafting yang langsung diresmikan juga oleh Bupati Acep, menurutnya dengan dibukanya wisata di Desa Tambakbaya ini juga sebagai perwujudan percepatan visi dan misi Kuningan Maju Berbasis Desa Tahun 2023, saat ini Tambakbaya telah menciptakan nilai-nilai kemakmuran dalam mengelola potensi wilayah dengan kolaborasi

“Hal ini dalam rangka dalam mewujudkan ke pinunjul an desa dalam rangka memanfaatkan ruang menjadi peluang, di Desa Tambakbaya telah di manfaatkan lahan dan sungai untuk dijadikan wisata olahraga soft rafting (papalidan) dan perkemahan. Hal ini merupakan keunggulan yang menuai manfaat dengan menyatukan pemikiran manusia dengan alam dan nilai kearifan lokal”, terang Bupati.

Bupati merasa bersyukur telah banyak desa-desa di Kabupaten Kuningan yang telah deklarasi ODF khususnya di Desa Tambakbaya, hal ini menunjukan komitmen kita semua dan kepada desa-desa untuk mewujudkan perilaku hidup bersih dan sehat dan tidak membuang air besar sembarangan *.(Apip Syaripudin/BK)*