Redaksi
Kamis, 8/17/2023 09:00:00 AM WIB
BirokrasiHeadline

Peringatan HUT RI ke 78 ini mengangkat tema “Terus Melaju untuk Indonesia Maju”

Advertisment

KUNINGAN, (BK).-


Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke 78 Kemerdekaan Republik Indonesia tingkat Kabupaten Kuningan yang diselenggarakan di Stadion Mashud Wisnusaputra, Kamis 17 Agustus 2023.

Bupati Kuningan, H. Acep Purnama selaku Inspektur Upacara memimpin langsung Upacara tersebut yang hadir bersama Wakil Bupati Kuningan, Ketua DPRD Kuningan, Kapolres Kuningan, Dandim 0615 Kuningan, Kajari Kuningan, Ketua PN Kuningan, Sekretaris Daerah Kuningan, Ketua Pengadilan Agama Kuningan, Ketua Tim Penggerak PKK, Ketua Dharma Wanita Persatuan dan Para pejabat Lingkup Pemerintah Kabupaten Kuningan : Staff ahli Bupati, Assisten Sekretariat Daerah, Para Kepala SKPD dan Kepala Bagian.

Peringatan HUT RI ke 78 ini mengangkat tema “Terus Melaju untuk Indonesia Maju”. Dimana tema ini memompa semangat untuk terus memacu diri lebih baik lagi sebagai warga bangsa, untuk terus berjuang melanjutkan cita-cita mulia demi kemajuan indonesia.

Bertindak selaku komandan upacara pada kesempatan kali ini yaitu Kapten ARM Julianto yang saat ini menjabat sebagai Komandan Rayon Militer Cigugur.

Uthami Try Rahayu, anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) asal SMA Negeri 1 Kuningan selanjutnya membawa bendera Merah Putih untuk kemudian dikibarkan. Adapun Paskibraka lainnya yang bertugas mengibarkan bendera yakni sebagai pembentang bendera Fauzan Basheer Ahmad, sebagai pengerek bendera Rizal Nugraha dan Mochamad Raply Ripaldy.

Pengibaran bendera Merah Putih dengan diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya pun berhasil ditunaikan dengan baik oleh para Paskibraka yang tergabung dalam Tim Pasukan 8 tersebut. Sang Merah Putih tampak gagah berkibar di Stadion Mashud Wisnusaputra.

Ketua Dewan Perwakilan Daerah Kabupaten Kuningan, Nuzul Rachdi S.E, kemudian membacakan naskah proklamasi yang pada 78 tahun lalu dikumandangkan proklamator, Ir. Soekarno, sebagai tanda bahwa Indonesia telah merdeka dari belenggu penjajahan, yang sebelumnya Kapolres Kuningan, AKBP Willy Andrian, S.H., S.I.K membacakan teks Pancasila dan Dandim 0615 Kuningan, Letkol. Inf. Bambang Kurniawan, SE., MA, membacakan Teks Pembukaan Undang-Undang Dasar 45.

Bunyi sirene panjang yang kemudian ditekan oleh inspektur Upacara menandai dimulainya Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Stadion Kebanggaan masyarakat Kuningan itu.

Dalam amanat yang disampaikan oleh Inspektur Upacara, beliau mengajak kepada segenap peserta upacara untuk membangun semangat dan optimisme dalam mewujudkan semua harapan dan cita-cita.

“Setiap orang pasti memiliki peran dan dapat memberikan sumbangan yang positif untuk pembangunan kabupaten kuningan. Oleh karena itu, pada kesempatan ini saya ingin mengajak kepada seluruh masyarakat kabupaten kuningan untuk mengambil peran penting dalam proses pembangunan" ungkapnya

Pada kesempatan tersebut, Bupati Acep pun menyampaikan bahwa pada Desember mendatang, dirinya bersama H. Muhammad Ridho Suganda akan mengakhiri jabatan sebagai Bupati dan Wakil Bupati kuningan periode 2018-2023.

“Saya menghaturkan terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak dan mengajak semua untuk tetap menjaga semangat untuk terus berkarya dalam membangun Kuningan Sajati” Tutup Acep.

Setelahnya, para peserta Upacara yang terdiri dari unsur TNI, Polisi, ASN, Pelajar dan organisasi masyarakat itu disuguhi persembahan lagu-lagu Nasional, seperti Halo halo Bandung (Ciptaan Ismail Marzuki), Syukur dan Hari Kemerdekaan (Ciptaan H. Mutahar). *(Apip Syaripudin/BK)*