Redaksi
Minggu, 8/06/2023 06:33:00 PM WIB
EkbisHeadlineWisata

Rombongan 8 KJT 3 KBIH Syiarul Islam Kabupaten Kuningan Bernostalgia Di Obyek Wisata Waduk Darma

Advertisment

KUNINGAN, (BK).-


Setelah tiba di tanah air seusai melaksanakan ibadah Rukun Islam ke lima pada musim haji 1444 H/2023 M, rombongan 8 KJT (Kloter) 3 yang tergabung dalam Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Syiarul Islam Kuningan bernostalgia di kawasan obyek wisata Waduk Darma, Sabtu (5/8/2023).

Kegiatan jumpa kangen yang baru pertama kali digelar sesama Rombongan 8 beserta anggota kelompok lainnya sangat spesial berkenan dihadiri Ketua Alumni KBIH 2023, H Deden berserta sahabat satu kloter, Kang H Ewo beserta isteri sehingga menambah suasana lebih reugreug. Wabil khusus Ketua Rombongan (Karom) 8, KH Umar hadir beserta keluarga sehingga suasana kebersamaan, kekeluargaan dan saling mengenang indahnya saat hajian di tanah suci Mekah Al-Mukaromah maupun Madinah Al-Munawaroh.


Pembawa acara Hj Dian, mempersilahkan pada penyelenggara citytour ke Waduk Darma, Kang H Emsul dan sesepuh rombongan, H Ganda. Termasuk sepatah kata dari Karom 8 (sebutan terhadap ketua rombongan saat dalam pelaksanaan ibadah haji di tanah suci), KH Umar dan terakhir Ketua Alumni KBIH angkatan 1444 H/2023 H Deden.

“Alhamdulillah, saya banyak mendapat hikmah selama menunaikan ibadah haji di tanah suci Mekah. Selama berada di sana, teman-teman dari KBIH Syiarul Islam cukup menginspirasi karena mereka selalu menjaga kebersihan hati, ikhlas, pasrah, saling tolong menolong dan penuh sabar. Mudah-mudahan hikmah yang terkandung di dalamnya dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari setelah kembali ke tanah air atau kampung halaman masing-masing,” harap Kang H Emsul.


Hal senada disampaikan kasepuhan, H Ganda. Kata dia, pertemuan seperti sekarang ini jangan sampai terputus dan hendaknya tetap berlanjut. Jangan sampai memutuskan tali saliaturahmi maupun komunikasi, karena kita sudah terbangun sebuah sebuah ikatan keluarga dengan baik. Jangan sampai terjadi ada sebutan bekas teman saat naik haji.

Ungkapan yang sama disampaikan mantan Karom 8, KH Umar. Pihaknya sangat mendukung atas gagasan teman-teman rombongan 8 yang berinisiatif untuk melakukan pertemuan. Atas pertemuan ini mudah-mudahan tetap berlanjut, apakah satu bulan sekali atau dua bulan sekali silahkan untuk dimusyawarahkan. Tempat bisa dimana saja, baik di rumah maupun tempat lain atas dasar kesepakatan bersama. Untuk kali ini, di kawasan obyek wisata Waduk Darma sambil menikmati indahnya alam dan pemandangan sekitarnya.


Terakhir, sambutan Ketua Alumni KBIH Syiarul Islam tahun 1444/H/2023 M, H Deden. Kata dia, terselenggaranya kegiatan seperti temu kangen ini sangat setuju. Pertemuan bisa saja dilakukan satu bulan satu kali atau dua bulan sekali atas dasar hasil kesepakatan bersama. Baik pertemuan sesama rombongan maupun lingkup alumni satu KBIH SI disertai pelaksanaan program yang dapat memberikan manfaat bagi banyak orang. Bisa saja dalam bentuk kegiatan sosial, aksi kemanusiaan maupun bentuk lainnya yang dapat memberikan manfaat bagi orang lain.

“Semoga amal kebaikan ini mendapat keberkahan serta ridho dari Allah Swt, juga sebagaimana harapan semoga kita menjadi haji mabrur/mabruroh,” tutur H Deden.

Diakhir acara, hadirin dipersilahkan untuk menikmati hidangan yang telah disediakan seraya melihat indahnya pemandangan alam sekitar yang diiringi musik Waduk Darma. (HEM/BK)