Redaksi
Jumat, 8/18/2023 07:48:00 AM WIB
Giat MasyarakatHeadline

Sebanyak 2.500 Warga Desa Kadugede Tumplek Memperingati Serta Memeriahkan Agustusan Dengan Berbagai Tampilan Kamonesan

Advertisment

KUNINGAN, (BK).-


Sebanyak kurang lebih 2.500 warga Desa Kadugede Kabupaten Kuningan tumplek memenuhi sudut-sudut keramaian dalam rangka memperingati serta memeriahkan hari proklamasi kemerdekaan RI ke-78 tahun atau Agustusan dengan berbagai tampilan kamonesan.

Seusai upacara 17 Agustus 2023 yang dipusatkan di lapangan bola desa setempat, warga dari masing-masing kampung menggelar helaran yang dilanjutkan dengan atraksi menarik depan panggung kehormatan terletak di tepi Alun-alun Desa Kadugede. Camat Kadugede Maryanto, didampingi Kepala Desa Maman Abdurohman, beserta tokoh masyarakat lainnya sempat menyaksikan tampilan kamonesan menarik dari masing-masing dusun. Diawali dari Dusun Wage, Pahing, Puhun, Kaliwon dan terakhir Dusun Manis yang meliputi Blog Gayam, Cijeler dan Huludayeuh. “Telolet, Om.. telolet....!” sapaan penonton saat Bus Memeron yang dikemudikan sopir Mang Ano, melintasi ruas jalan raya Kadugede hingga memasuki kawasan panggung kehormatan.


Kepala Desa Kadugede, Maman Abdurohman, pihaknya sempat menitikan air mata haru dan bahagia tatkala menyaksikan berbagai atraksi dari tiap kampung yang cukup menarik, bahkan menegangkan. Misalnya tampilan debus yang dibawakan para pendekar Pagar Nusa asuhan Mang Dadawuk. Selain itu, ekspresi warga rencana pembangunan Jalan Lingkar Timur Selatan ditampilkan lewat aksi memeron mesin gilas beserta perangkatnya. Tidak kalah menarik aneka tari kreasi yang dipintonkan dari mulai anak-anak Paud/TK hingga emak-emak membuat suasana kian heboh.

“Kami ucapkan terima kasih pada seluruh warga Desa Kadugede yang selalu semangan dan kompak dalam membangun kesatuan dan persatuan yang diekspresikan lewat peringatan HUT kemerdeka RI ke-78 tahun. Kami merasa banggga, sebab di Desa Kadugede ini memiliki lembaga pendidikan cukup lengkap. Dari mulai Sekolah Paud/TK, SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK, Pondok Pesantren, sekolah keseteraan hingga perguruan tinggi ada di Desa Kadugede. Alhamdulillah, berkat dukungan dari berbagai komponen yang ada di masyarakat, Desa Kadugede dua tahun berturut-turut meraih penghargaan tingkat nasional. Yakni, sebagai Desa Mandiri, Desa Berenergi, Bersih dan Terbarukan,” papar Kuwu Maman.


Kepala SMA Negeri 1 Kadugede, Rhida Jaya Bhuana, pihaknya beserta keluarga besar sekolah selalu berperan serta dalam melaksanakan berbagai program pembangunan. Termasuk mengisi rangkaian kegiatan Agustusan, apalagi SMA Negeri 1 Kadugede disebutkan sebagai peserta terbanyak pada upacara hari proklamasi kemerdekaan RI, tanggal 17 Agustus 2023 bertempat di Lapang Bola Desa Kadugede. (HEM/BK)