Redaksi
Selasa, 8/22/2023 08:21:00 AM WIB
HeadlinePendidikan

Seluruh Anggota Pramuka SMP Negeri 1 Kuningan Persiapan Ikuti Kegiatan Di Bumi Perkemahan Palutungan

Advertisment

KUNINGAN, (BK).-


Seluruh siswa anggota pramuka SMP Negeri 1 Kuningan mempersiapkan diri untuk mengikuti kegiatan kepramukaan di Bumi Perkemahan (Buper) kawasan wisata Palutungan Desa Cisantana Kecamatan Cigugur, Kamis (24/8/2023) mendatang.

Sebelum keberangkatan seluruh anggota pramuka diberi pembekalan terkait berbagai persiapan untuk membawa perlengkapan maupun alat-alat yang harus dibawa agar dalam pelaksanaannya nanti dapat berjalan dengan lancar. Selama tiga hari melaksanakan kegiatan di Palutungan, para anggota pramuka wajib mentaati peraturan maupun ketentuan yang ada demi kelancaran dan keselamatan bersama. Oleh sebab itu, peserta kemping mendapat arahan langsung baik dari kakak-kakak pembina maupun Pembina Pramuka SMP Negeri 1 Kuningan, Ipin Aripin dan Vita Novitasari.


“Dikarenakan di Bumi Perkemahan tidak ada aliran listrik, maka adik-adik pramula diharapkan membawa lampu emergensi. Termasuk alat-alat untuk memasak maupun merebus, membawa tabung gas tiga kg dan keperluan lainnya,” kata Kakak Pembina, Ipin Aripin didampingi pembina, Vita Novitasari.

Selama kegiatan di Bumi Perkemahan Palutungan, lanjut Ipin, adik-adik pramuka dituntut untuk hidup mandiri, tanpa mengandalkan pihak lain. Oleh sebab itu, diperlukan kerja kelompok, kompak, kerja bareng dan saling tolong-menolong. Sehingga dapat meringankan beban sesama anggota pramuka sesuai tugas masing-masing. Termasuk dalam melaksanakan kegiatan memasak nasi maupun lainnya, adik-adik pramuka harus bisa melaksanakannya sebagaimana yang diajarkan.

“Selama berada di Palutungan, adik-adik pramuka boleh ditengok orang tua tapi setelah dua hari berjalan. Apabila ada orang tua menengok, maka yang ditengok harus menyanyikan lagu aku ditengok ayah maupun ibu. Lagu itu harus hafal, apabila adik-adik ini ada yang menengok anggota keluarganya,” ujar Ipin.


Kepala SMP Negeri 1 Kuningan, H Adang Kusdiana, Sabtu (19/8/2023), mengemukakan, kegiatan pramuka di Palutungan dalam rangka memperingati hari pramuka nasional. Dalam hal ini, para siswa dilatih hidup mandiri serta membangun kerja sama diantara sesama anggota pramuka sebagaimana diajarkan dalam kegiatan kepramukaan. Kegiatan tersebut selalu dilaksanakan setiap tahun sesuai jadual yang telah ditetapkan.

“Mudah-mudahan melalui kegiatan tersebut para siswa banyak mendapat pelajaran yang dapat memberikan manfaat, khususnya bagi anggota pramuka itu sendiri,” harap H Adang. (HEM/BK)