Redaksi
Rabu, 8/02/2023 08:29:00 AM WIB
HeadlinePendidikan

SMP Negeri 1 Kadugede Tanamkan Siswa Untuk Meningkatkan Iman dan Takwa Terhadap Allah Swt

Advertisment

KUNINGAN, (BK).-


Kelurga besar SMP Negeri 1 Kadugede Kabupaten Kuningan tetap istiqomah (konsisten) dalam pembelajaran bagi peserta didik untuk meningkatkan imah dan takwa terhadap Allah Swt melalui berbagai kegiatan keagamaan yang dilaksanakan di sekolah.

Misalnya, melaksanakan shalat dhuha, yasinan, shalat duhur berjamaah dan lain-lain. Termasuk tasyakuran atas penggunaan sarana ibadah (masjid sekolah) yang usai dibangun. Sebagai ungkapan rasa syukur, pihak sekolah sempat menghadirkan Kiyai Uhan asal Kampung Pesantren Desa Kadugede untuk memimpin doa bersama atau istighosah, bertempat di lapangan sekolah setempat, belum lama ini. Melalui kegiatan religius tersebut cukup mendapat sambutan dari para siswa, para pendidikan, tenaga kependidikan maupun komite sekolah sebagai perwakilan dari orang tua siswa.

Kepala SMP Negeri Kadugede, Drs Akhmad Saefudin M.MPd, didampingi Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Kesiswaan, Didi SPd, mengemukakan, memasuki tahun 2025 sekolah yang memiliki sebanyak 1.000 siswa lebih ini berkeinginan untuk meraih prestasi emas dalam rangka mewujudkan generasi emas. Untuk itu diperlukan sarana dan prasarana yang memadai, termasuk didukung dengan kompetensi guru sesuai bidangnya. Untuk itu diperlukan tambahan sarana atau ruang kelas tahun mendatang upaya memenuhi kebututah fasilitas pembelajaran demi kemajuan pendidikan di sekolah tersebut.


“Alhamdulillah, kepercayaan masyarakat terhadap sekolah kian tinggi atas prestasi yang diraih oleh para siswa selama ini. Mudah-mudahan ke depan harapan untuk melahirkan generasi emas dapat terwujud sesuai harapan kita semua,” ungkap Akhmad.

Dijelaskan dia, bertambahnya kepercayaan masyarakat terhadap sekolah dapat dibuktikan dengan angka melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi setiap tahun kian bertambah. Lulusan SMP Negeri 1 Kadugede sebagian besar atau 90 persen melanjutkan ke sekolah negeri dan sisanya ada yang melanjutkan ke sekolah swasta, pondok pesantren maupun sekolah sederajat lainnya. Oleh sebab itu, kualitas pendidikan bagi siswa SMP Negeri 1 Kadugede, minimal dipertahan dan maksimal lebih ditingkatkan sesuai harapan masyarakat.


Pupuk Seni Budaya Daerah

Sudah menjadi komitmen seluruh warga sekolah, keluarga besar SMP Negeri 1 Kadugede tetap konsisten dalam melestarikan serta memupuk seni budaya tradisional, khususnya budaya daerah. Kegiatan tersebut selalu digelar, baik dalam kegiatan perpisahan siswa kelas IX maupun acara lainnya sesuai kebutuhan. Terlebih dalam kegiatan pelepasan siswa kelas IX SMP Negeri 1 Kadugede setiap tahun selalu menyuguhkan tampilan aneka seni budaya tradisional yang dibawakan para siswa atau adik-adik kelas kelas VII dan VIII. (HEM/BK)