Redaksi
Rabu, 9/13/2023 02:48:00 PM WIB
HeadlinePendidikan

Bidang Kebudayaan Disdik Kuningan Gelar Festival Ngakeul

Advertisment
Ket.Gambar : Ibu-ibu peserta festival Ngakeul tengah Napi dihadapan dewan juri (foto: Andy G)

KUNINGAN, (BK).-


Suatu kebahagiaan bagi kita bahwa di kabupaten Kuningan masih bisa menyelenggarakan kegiatan untuk bisa melestarikan nilai-nilai budaya, Tentunya nilai budaya saat ini dihadapkan dengan tantangan baru dengan kemajuan zaman, tetapi kita sebagai masyarakat sunda wajib hukumnya untuk bisa menjaga kelestarian budaya Sunda. Demikian antara lain dikatakan Wakil Bupati Kuningan H. Muhammad Ridho Suganda, SH. M.Si Ketika ditanya wartawan Bokor usai membuka acara Festival Ngakeul Sabtu-Minggu (9-10/9/2023) berlokasi di halaman Gedung naskah Linggarjati. 

Wabub Ridho mengharapkan ditahun-tahun berikutnya kegiatan semacam ini jauh lebih hebat lagi, jauh lebih banyak lagi hal yang dimunculkan untuk bisa menjaga nilai-nilai budaya khususnya di Kuningan.

Ket.Gambar :  Anak-anak tingkat PAUD (Kober, TK/RA) dihalaman gedung Naskah Lingarjati tengah asik ikuti lomba mewarnai, Sabtu (9/9/2023)

Komentar lainnya dikemukakan Kabid Kebudayaan Emup Muplihudin, S.Pd yang juga selaku ketua panitia penyelenggara festival tersebut mengatakan perilaku masyarakat sekarang, bisa bercermin pada warisan budaya yang di wariskan oleh para pendahulu.

Diperoleh keterangan dari anggota Panitia Joko R kegiatan Festival yang dilaksanakan dua hari yakni Sabtu dan Minggu (9-10/9/2023) itu, dari hasil kejuaraan tersebut sebagai berikut : Lomba Mewarnai tingkat Paud Kober : Juara I Kafya KB Darul Muhsinin Kecamatan Cilimus, juara II Sultan KB Tunas Karya Kramatmulya, juara III Gia Anastasya KB Kasih Ibu Kec.Jalaksana. Juara Harapan : Aurelia KB Khadijatul Kec. Pasawahan, Hafita Lubna KB Bina Insani Kec. Pancalang, dan Nadhifa KB Tunas Karya Kramatmulya

Juara lomba mewarnai tingkat TK/RA yakni : Juara I Tanzcela Hafsa TK.N Unggulan Kec. Kramatmulya, juara II Almira Sabahira TK PGRI Sejahtera Kec. Darma, Juara III Jilly PS TK RA Kartini Kec.Cigugur. Juara Harapan masing-masing Alena TK Bhakti Muslimin Kec.Kramatmulya, Arsyla TK Miftahul Huda Kec.Darma, dan Laik yang murid R.A Al Adilla Kec.Kuningan.

Lomba Ngakeul juara I Kampus UMKM Kramatmulya, juara II Korwil Ciwaru, juara III Korwil Sindang Agung, Juara harapan I, II, dan III masing-masing SMPN 1 Luragung, Disperkimtan Kab.Kuningan dan Patayat NU kab.Kuningan. (Andy G/BK)