Redaksi
Sabtu, 9/23/2023 08:03:00 AM WIB
EkbisHeadlineMuslim

Masjid Al-Istiqomah SMA Negeri 1 Jalaksana Kabupaten Kuningan Diresmikan Wakil Menteri Agama Republik Indonesia

Advertisment

KUNINGAN, (BK).-


Seusai perbaikan serta pengembangan sarana ibadah yang cukup representatif, Masjid Al-Istiqomah SMA Negeri 1 Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan diresmikan penggunaannya oleh Wakil Menteri Agama Republik Indonesia (RI), Sabtu (16/9/2023).

Kehadiran rombongan dari Kementerian RI disambut dengan pengalungan sorban oleh kepala SMA Negeri 1 Jalaksana, H. Nanang Warsa MPd. Selain itu, sempat disambut dengan penampilan seni bernuansa Islami, yakni hadroh yang dibawakan siswa dan siswi SMAN 1 Jalaksana. Acara tersebut dihadiri unsur Forkopimda, unsur Muspika, orang tua siswa sebanyak 320 orang, Ketua Panitia Pembangunan Masjid Al-Istiqomah, H Didin Aminudin, Ketua MUI Kab. Kuningan, KH Dodo Syarif Hidayatullah, Kasubag TU Kemenag Kab. Kuningan, KH Muhammad Sadudin, keluarga besar sekolah serta undangan lainnya.


“Alhamdulilah, hari ini adalah hari yang sangat bersejarah bagi keluarga besar SMA Negeri 1 Jalaksana, karena Masjid Al-Istiqomah berkenan diresmikan Wakil Menteri Agama RI, Bapak H Saiful Rahmat S.IP, MSi. Kami juga merasa bahagia atas kehadiran Bapak Arya Graha Permana, Staf Dewan Pertimbangan Presdiden Khusus Bidang Ekonomi serta undangan lainnya,” kata Ketua Panitia SMA Negeri 1 Jalaksana, H Didin Maninuddin SPd.I.

Dijelaskannya, atas kehadiran rombongan dari Kementerian RI pihak sekolah mengucapkan syukur terhadap Allah Swt karena masjid tersebut kini dapat dimanfaatkan oleh civitas akademika SMAN 1 Jalaksana. Baik untuk melaksanakan kegiatan ibadah dilantai dua maupun kegiatan lain di lantai bawah. Adapun maksud dan tujuan dibangunnya sarana ibadah yang cukup representatif ini sebagai ungkapan rasa syukur sehingga akan diketahui oleh orang tua siswa maupun masyarakat yang ada di Kecamatan Jalaksana maupun Kab. Kuningan pada umumnya.

“Dalam hal ini, kami sengaja mengundang Bapak Wakil Menteri Agama sebagai tahadusbinikmah, bahwa SMAN 1 Jalaksana memiliki salah satu program ungulan dibidang agama. Karenanya, masjid yang cukup megah ini menjadi wasilah untuk mempertajam bagaimana caranya mencetak siswa yang memiliki kecerdasan spiritual. Tak lupa kami ucapan terima kasih kepada para penyumbang yang telah memberikan kontribusinya atas pembangunan mesjid Al-Istiqomah SMAN 1 Jalaksana. Hampir 4,5 tahun dalam perjalanan yang sempat terhambat oleh Covid-19. Namun demikian, dengan kesungguhan kegigiha seluruh jajaran panitia tentunya dibawah penanggungjawab bapak kepala sekolah, akhirnya Masjid Al-Istiqomah dapat terwujud untuk dimanfaatkan dalam melaksanakan ibadah oleh seluruh siswa, guru, dan TU,” paparnya.

Sementara Kepala SMA Negeri 1 Jalaksana, H Nanang Warsa MPd, pihaknya mengucapkan selamat datang kepada Wakil Menteri beserta rombongan. Sekolah melanjutkan renovasi mesjid yang semula baru mencapai 40 sampai dengan 50 persen lalu dibangun dengan target satu 1 tahun 2 bulan renovasi masjid tersebut dapat terselesaikan dengan lancar. Adapun program terbaru akan dilaksanakan adalah mengaji untuk bersama, belajar tahfiz untuk bersama.

“Tasakur binnimah sebagai rasa sukur kami setelah 4 setengah tahun lalu mesjid sudah bisa dipergunakan. Mohon dengan hormat dan dengan sangat Kepada Bapak Wakil Mentri Agama untuk meresmikan renovasi mesjid ini, juga berkenan untuk menandatangi prasasti serta menggunting pita. Harapan kami mohon bantuan untuk sarana ibadah didalamnya,” ujarnya.


Sementara, Staf Ahli Bupati Kab Kuningan, Asep Setiawan M.SI, pihaknya mengucapkan terima kasih atas kedatangan Wakil Menteri Agama RI selamat datang di kota Kuningan yang sejuk ini. Kuningan adalah kota yang religius, diharapkan berkunjung ke Kuningan tidak hanya satu kali namun bisa berulangkali untuk menikmati keindahan alam sekitar. Bahkan hampir semua presiden pernah berkunjung ke Kota Kuningan.

Berkaitan dengan hal ini, Wakil Menteri Agama RI H. Saiful Rahmat, S.IP.MSI, pihaknya mengucapan dan apresiasi kepada hadirin berkat ridho Allah SWT atas terlaksananya pembangungan masjid tersebut. Masjid itu selain berfungsi atau tempat ibadah, juga untuk berbuat kebaikan lainya. Dalam hal ini, Wakil Menteri Agama menyampaikan apresiasi kepada panitia Masjid Al-Istiqomah yang ada di lingkungan SMAN 1Jalaksana.

Seusai memberikan sambutan, dilanjutkan dengan penandatangan prasasti, pengguntingan pita oleh Wakil Mentri Agama RI yang dilanjutkan sholat ashar berjamaah dan diakhiri untuk menikmati hidangan yang tersedia. (HEM/BK)