Redaksi
Rabu, 9/13/2023 06:45:00 PM WIB
EkbisHeadlineMuslim

Rebo Wekasan, Warga Dusun Kliwon Kelurahan Purwawinangun Gelar Doa Bersama dan Berbagi Makanan

Advertisment


KUNINGAN, (BK).- 

Tepat pada hari Rabu 13 September 2023 adalah puncak Rebo Wekasan. Rebo Wekasan atau Rebo Pungkasan adalah nama hari Rabu terakhir di bulan Sapar pada Kalender Hijriah.

Biasanya ada beberapa aktivitas yang dilakukan pada hari Rebo Wekasan antara lain tahlilan, berbagi makanan baik dalam bentuk gunungan maupun selamatan, sampai salat sunah lidaf’il bala bersama.

Adanya tradisi Rebo Wekasan nyatanya disambut dan dirayakan oleh warga warga RT.006 RT.007 dan RT.008 lingkungan Kliwon Kelurahan Purwawinangun Kecamatan Kuningan Kab. Kuningan. Para warga pun menggelar doa bersama dan berbagi makanan.

Nampak terlihat setiap warga yang berada di lingkungan tersebut menyuguhkan berbagai hidangan makanan untuk dimakan secara bersama-sama. Para wargapun sebelumnya menggelar doa bersama yang dipimpin langsung oleh ustad Fauzi bertempat di Jalan lingkungan setempat, Rabu (13/9/2023).


"Ini wujud rasa syukur dalam mendapatkan rejeki. Berbagi makanan seperti ini kita lakukan pertama kali. Alhamdulillah ini sebagai bentuk silaturahmi. Dan terkait suguhan makanan yang disediakan oleh para warga ini dilakukan secara sukarela", ucap Ketua RT Jaja Jajuli disela-sela kegiatan.

Hal sama pun ditambahkan Ibu Teti, dirinya mengungkapkan, "Alhamdulillah hari ini kita bisa melaksanakan kegiatan rebo wekasan dengan berkumpul bersama dan melakukan kegiatan doa bersama serta berbagi makanan. Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan seperti ini menjadi bagian ucap syukur kita kepada Allah SWT atas limpahan rejeki yang kita dapatkan. Dan untuk diketahui, sebelumnya, diwaktu pagi juga para warga melakukan salat sunah lidaf’il bala bersama di masjid. Dan mudah-mudahan dengan perayaan ini menjadi harapan kami dalam upaya menolak bala bagi para warga setempat. Pungkasnya (Iwan/BK)