Redaksi
Rabu, 9/06/2023 01:15:00 PM WIB
BirokrasiHeadline

Sejumlah Anggota KB FKPPI Kuningan Ikuti Seminar Kewirausahaan

Advertisment
Ket. Gambar : Sekjen KB FKPPI Pusat Dra Anna Rudiantiana Lediawati, SH tengah  menyampaikan sambutan pada seminar kewirausahaan di Grage Sangkan Resort Cilimus Kuningan Rabu (30/8/2023).

KUNINGAN, (BK).-


Sejumlah anggota KB FKPPI ( FKPPI dan GM FKPPI ) pengusaha UMKM ikuti seminar kewirausahaan yang bertempat di aula Grage Sangkan Resort Cilimus Kuningan rabu (30/8/2023). 

Menurut Kabid IKM Perindustrian Alvin Fitranda, ST, M.Si mewakili Kadis Koperasi UMKM, Perdagangan dan perindustrian Kabupaten Kuningan menyebutkan, kegiatan seminar kewirausahaan ini kerjasama Kementerian Perindustrian RI, Dinas Koperasi UMKM, Perdagangan dan Perindustrian Kuningan dengan KB FKPPI Kabupaten Kuningan. 

"Kami harapkan agar peserta seminar dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius sampe tuntas", ucapnya

Sementara, Sekjen FK-PPI Pusat Dra Anna Rudiantiana Lediawati, SH mengatakan, para peserta yang berjumlah 71 orang jangan hanya berhenti setelah seminar selesai, namun harus ditindak lanjuti supaya kita semua bisa mandiri, karena itu merupakan salah satu tujuan mengadakan kegiatan Seminar ini. "Kita membantu anggota KB FKPPI / GM FKPPI Kuningan yang punya aktifitas sebagai pengusaha agar berkembang lebih maju", terangnya

Ket Gambar : Ketua KB FKPPI Kabupaten Kuningan Agus Suryo SY, M.Si berpose sejenak sebelum seminar dimulai (Foto Andy G/BK )

Nara Sumber lainnya Sandi Rahmat Mandela, SH, MH yang juga Ketua Umum GM FKPPI Pusat antara lain mengatakan ternyata fakta dan data bahwa UMKM Menghasilkan Kontribusi mencapai 61%. Jadi ujar Sandi yang membuat Indonesia bertahan itu bukan BCA bukan PT Jarum dan PT Lainnya, ternyata hal ini karena ada UMKM. Oleh karena itu menjadi pengusaha UMKM jangan malu. 

Dia pun mencontohkan misalnya usaha Gojek awalnya di tolak sekarang lancar dan maju. Kemudian usaha air mineral Aqua, awalnya tidak digemari akhirnya kini sangat digemari masyarakat. 

Lebih lanjut dikatakan Sandi salah satu pengusaha muda yang sukses ini, menguraikan ada lima pilar perjuangan Pengusaha yaitu melihat peluang, mulai dari rumah, unik itu penting, go digital, serta adaptasi/ inovasi.

Materi lainnya disampaikan dari Dinas Koperasi UKM, Perdagangan dan Perindustrian, DPMPTSP, dan Dinas Kesehatan kabupaten Kuningan antara lain perizinan berusaha melalui OSS RBA, sosialisasi perizinan sertifikat pemenuhan komitmen produksi pangan olahan Industri rumah tangga (SPP-IRT), keamanan pangan.

Ketua KB FKPPI Kabupaten Kuningan Agus Suryo SY, M.Si ketika ditemui di tempat terpisah mengucapkan terimakasih kepada Anggota FKPPI, GM FKPPI Kabupaten Kuningan pelaku UMKM yang hadir mengikuti Seminar. Mudah-mudahan materi yang dijelaskan oleh nara sumber bisa diterapkan dalam kegiatan usaha secara mandiri. Selain itu terimakasih pula kepada Kementerian Perindustrian RI, dan Pengurus KB FKPPI/ GM FKPPI Pusat, Dinas terkait kabupaten Kuningan yang telah bekerjasama gelar Seminar ini. mudah mudahan dapat menjadi bekal bagi kami untuk kegiatan usaha IKM/UMKM di Kuningan. Ujarnya mengakhiri bincang bincang. (Andy SAG/BK)