Redaksi
Kamis, 9/21/2023 09:31:00 AM WIB
HeadlinePendidikan

SMA Negeri 1 Ciawigebang Kuningan Siap Tindaklanjuti Kerja Sama PMI Kabupaten Dengan Sekolah

Advertisment

KUNINGAN, (BK).-


SMA Negeri 1 Ciawigebang Kuningan menyatakan siap untuk menindaklanjuti program kerja sama Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten dengan sekolah yang dituangkan dalam penandatanganan berlangsung di halaman sekolah setempat, Rabu (20/9/2023).

“Atas kerja sama PMI dengan seluruh sekolah yang ada di Kabupaten Kuningan, kami menyambut baik karena kegiatan tersebut bertujuan untuk menolong sesama demi kemanusiaan,” kata Kepala SMA Negeri 1 Ciawigebang, Ii Wasita.

Dijelaskan dia, kegiatan PMI selain melakukan kegiatan donor darah, ada program lainnya yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. Misalnya, memberikan bantuan terhadap orang yang tertimpa musibah bencana alam. Termasuk bencana yang disebabkan oleh perubahan iklim seperti kekeringan, banjir, kebakaran dan lonsor/pergeseran tanah dan lain-lain. Anggota PMI yang ada di masing kecamatan termasuk di sekolah harus selalu berkiprah untuk membantu masyarakat. Selain itu, meningkatkan keikutsertaan relawan muda, termasuk anggota PMI yang ada di sekolah. Misalnya kegiatan PMR Madya, PMR Wira, dan KSR untuk berfartisipasi aktif dalam disetiap gerakan kemanusiaan dan sosial.


“Alhamdulillah, PMR SMA Negeri 1 Ciawigebang selalu berperan aktif dalam kegiatan kepalangmerahan, termasuk melaksanakan kegiatan donor darah yang dilakukan secara rutin,” kata kepala sekolah yang cantik itu.

Dalam kesempatan tersbeut, hadir Dewan kehormatan PMI Kab. Kuningan, H Momon Sudirman, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Kuningan, H Uca Somantri, keluarga besar SMA Negeri 1 Ciawigebang sebagai tuan rumah, Ketua MKKS SMA Kab. Kuningan, H Tri Suknaedi, Sekretaris H Suleha dan Pengurus Harian, H Mohammad Chaeri. Selain itu, unsur Forkopimda, Forum Pimpinan Kecamatan ex-Kewadanan Kuningan, Ketua PMI Kecamatan se-wilayah ex-Kewedanaan Ciawigebang, Kepala Sekolah SMA/SMK/MA/ dan SMP/MTs serta undangan lainnya.

Ketua PMI Kab. Kuningan, Hj Ika Siti Rahmatika, mengemukakan, dalam rangakaian kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 dilakukan penandatanganan kerjasama PMI dengan seluruh sekolah upaya mewujudkan program kepalangmerahan di tiap sekolah se-Kab. Kuningan. Untuk itu, pihaknya, mengucapkan terima kasih kepada jajaran pengurus PMI dan para kepala sekolah dari SMA/SMK/MA, SMP/MTs se-wilayah ex-Kewadanan Ciawigebang. Salah satunya dilaksanakan di SMA Negeri 1 Ciawigebang, yang telah memfasilitasi tempat sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar.


“Kehadiran PMI bagi suatu negara untuk menolong sesama manusia, bekerja secara netral, tanpa membeda bedakan agama, golongan, warna kulit, bangsa, suku bahasa dan pandangan politik. PMI sekarang berusia 78 tahun, bagi PMI menjadikan sebuah organisasi yang kuat dan berkarakter untuk terus berkembang mengikuti jaman. Tetap menjaga komitmen untuk terus hadir ditengah tengah masyarakat. Dengan semangat menjadi motivator untuk terus menggiatkan tugas-tugas kemanusiaan, sebagaimana diamanatkan dalam tujuh prinsip dasar gerakan palang merah internasional dan bulan sabit merah,” papar Hj Ika.

Ditambahkannya, di seluruh dunia sekarang ini sedang dihadapkan pada acaman perubahan iklim pada bumi dan seisinya. Dampak perubahan iklim tersebut sangat luas yang dapat dirasasakan langsung oleh masyarakat. Tidak hanya terjadi pada naiknya temperatur bumi, juga berpengaruh terhadap berbagai aspek alam dan kehidupan manusia. Maka PMI sebagai organisasi kemanusiaan yang memiliki mandat membantu masyarakat dalam tanggap darurat bencana.

“Selama kegiatan berlangsung, PMI Kab. Kuningan melakukan kegiatan sosial yang dapat dirasakan langsung masyarakat. Selain donor darah, pemberian bantuan sembako kepada warga yang memerlukan uluran tangan, bantuan sosial terhadap warga yang terkena bencana kebakaran dan longsor di sembilan kecamatan tersebar di 10 desa,” ungkap Hj Ika. (HEM/BK)