Redaksi
Selasa, 9/05/2023 08:19:00 AM WIB
EkbisHeadlineHumaniora

Wartawan Kabar Cirebon Kang H Emsul Raih Kuningan Award 2023 Dalam Sidang Paripurna Peringatan Hari Jadi Kuningan Ke-525

Advertisment

KUNINGAN, (BK).-


Wartawan Harian Umum (HU) Kabar Cirebon asal Dusun Manis Desa/Kecamatan Kadugede, Kang H Emsul, meraih Kuningan Award 2023 pada sidang paripurna DPRD dalam rangka peringatan hari jadi Kuningan ke-525, bertempat di Gedung Dewan, Jumat (1/9/2023).

Pemberian penghargaan tertinggi yang baru pertama kali digelar pada sidang paripurna peringatan hari jadi Kuningan ke-525 itu bertepatan dengan menjelang berakhirnya masa jabatan pasangan Bupati/Wakil Bupati, H Acep Purnana SH, MH/HM Ridho Suganda SH, MSi, Desember yang akan datang. Dalam hal ini, bupati memberikan penghargaan Kuningan Award 2023 kepada enam tokoh, salah satunya Kang H Emsul yang juga anggota PWI Kuningan. Dia dinilai konsisten dalam melaksanakan profesinya yang selalu menginspirasi serta memberikan kontribusi atas karya jurnaslistik bagi kemajuan masyarakat Kabupaten Kuningan.

Dalam acara yang bersejarah itu, piagam penghargaan beserta sebuah cincin kenangan dan lain-lain disampaikan langsung Bupati H Acep, didampingi Wakil Bupati HM Ridho, juga disaksikan Ketua DPRD Nuzul Rachdi, unsur pimpinan dewan serta anggota dewan yang hadir. Termasuk sejumlah tamu undangan dari berbagai komponen masyarakat yang ada di Kab. Kuningan.


Acara dipandu sepasang MC Prokompim Setda Kuningan, Abel dan Oki, bahwa Kang H Emsul ini adalah pemegang salah satu rubrik berbahasa Sunda khas Kuningan, yakni Sabulangbentor, yang selalu muncul di Harian Umum Kabar Cirebon. Rubrik Sabulangbentor ini cukup digemari para pembaca, baik dari kalangan ASN maupun masyarakat. Kang Emsul yang rajin mengisi rubrik Sabulangbentor ini memiliki latar belakang kesundaan, karena ia sempat menjadi Wartawan Surat Kabar Minggu (SKM) Galura Grup Pikiran Rakyat Bandung, beberapa tahun lalu.

“Alhamdulillah, saya bisa membuat karya tulis dalam berbahasa Sunda, karena sempat menjadi Wartawan Sunda Galura sampai dengan tahun 1990, kemudian pindak tugas ke Cirebon menjadi Wartawan Edisi Cirebon/Mitra Dialog, Wartawan Kabar Cirebon sampai dengan sekarang. Selain bertugas jadi wartawan, saya sempat dinobatkan sebagai tokoh dangdut legendaris Kuningan dari Forum Komunikasi Artis Musisi Dangdut Kuningan (FKAMDK) bertempat di RM Lembah Ciremai tahun 2010,” ungkap pria yang sempat menjadi pembina Fans Of Rhoma Irama and Soneta (Forsa) Kab. Kuningan itu.


Ditambahkan dia, disamping menggeluti dunia kewartawanan dan seni musik Orkes Melayu, ia lebih menyukai lagu-lagu bernuansa religi dari album Soneta Grup pimpinan Bang Haji Rhoma Irama. Ditengah-tengah kesibukannya dalam menjalankan tugas kewartawanan, Kang H Emsul juga mendapat kepercayaan dalam organisasi kemasyarakatan, sosial maupun keagamaan. Misalnya sebagai pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kab. Kuningan Bidang Komunikasi, Informasi dan Media Masa, serta pengurus DKM Syiarul Islam Kuningan Bidang Ekonomi Kerakyatan.

Dikabarkan, selama menggeluti dunia jurnalistik, Kang Haji yang satu ini banyak mendapat penghargaan sebagai penulis terbaik pada Karya Latihan Wartawan (KLW) tingkat Provisi Jabar yang diselenggarakan HU Pikiran Rakyat Bandung. Selain itu, masuk katagori wartawan daerah terproduktif dari PT Berkah Pikiran Rakyat tahun 2011, Wartawan terproduktif katagori senior dari PWI Kab. Kuningan tahun 2012, lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan oleh PWI Pusat tahun 2020, Wartawan terproduktif dari HU Kabar Cirebon tahun 2021 maupun penghargaan lainnya. (Iwan/BK)