Redaksi
Senin, 10/09/2023 05:39:00 AM WIB
HeadlinePendidikan

Ekskul PMR SMA Negeri 3 Kuningan Raih Juara Umum Youth Volunteer Competition Se-Kabupaten Kuningan Pada 2023

Advertisment

KUNINGAN, (BK).-


Mata Pelajaran ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (Ekskul PMR) SMA Negeri 3 Kuningan berhasil meraih juara umum dalam kegiatan Youth Volunteer Competition (YVC) 2023 yang digelar oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Korps Suka relawan (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) Universitas Kuningan (Uniku)

Kegiatan bertempat di Gedung Student Center Imam Hidayat Kampus 1, dilaksanakan selama dua hari, tanggal 6-7 Okober 2023. Dalam kegiatan tersebut, ada beberapa kategori lomba diantaranya, lomba pertolongan pertama, traveling, tandu, madding, perawatan keluarga dan lomba olimpiade kepalangmerahan. Dalam kegiatan lomba ini Siswa/i SMA Negeri 3 Kuningan memperoleh peringkat; juara 1 lomba Pertolongan Pertama Wira Putra, juara 1 Lomba Olimpiade Kepalangmerahan Wira, juara 2 lomba Olimpiade Kepalangmerahan Wira dan menjadi Juara Umum Tingkat Wira.


Kegiatan dengan mengusung tema “Pemberdayaan Generasi Muda Dalam Menumbuhkan Jiwa Kerelawanan Untuk Menjadi Cahaya bagi Lingkungan Sekitar”, salah satu tujuan dari kegiatan ini agar para peserta dapat meningkatkan pengetahuan dan pengalaman di bidang kepalangmerahan. Selain itu, bisa menambah tali silaturahmi dengan sekolah-sekolah lain yang ada di Kabupaten Kuningan. Ekskul PMR SMA Negeri 3 Kuningan ini bukan hanya berprestasi dalam kegiatan lomba-lomba, tapi ekskul ini kerap aktif berperan serta dalam kegiatan kemanusiaan. Diantaranya, kegiatan donor darah yang diselenggarakan oleh PMI Kabupaten Kuningan. Dalam kegiatan ekskul ini setiap siswa/siswi dididik untuk bagaimana mereka bisa belajar bekerja dalam kelompok atau tim.

Kepala SMA Negeri 3 Kuningan, H. Moch. Chaeri, M.Pd.I, pihaknya senantiasa mendukung kegiatan para siswa yang banyak menorehkan prestasi. Dengan harapan para siswa tersebut agar lebih mampu dalam mencapai prestasi yang lebih baik lagi. Dalam h al ini, bahwa pihak sekolah selalu berupaya untuk memfasilitasi serta memberikan apresiasi terhadap prestasi diberbagai bidang yang diraih oleh peserta didik SMA Negeri 3 Kuningan.

“Sedangkan salah satu dukungan pihak sekolah agar mereka mampu meraih prestasi lebih tinggi adalah dengan memberikan waktu untuk berlatih, menyediakan fasilitas serta memberikan penghargaan terhadap mereka,” ujar H Chaeri.

Untuk itu, pihaknya mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas upaya dan kerja keras para siswa dalam berkompetisi untuk mengharumkan nama SMAN 3 Kuningan. Sejumlah prestasi yg diperoleh siswa SMA Negeri 3 Kuningan, tidak lepas dari bimbingan bapak/ibu pembina, yang telah mencurahkan tenaga dan pikirannya dalam mengembangkan bakat yang dimiliki para siswa, sehingga dapat memenangkan berbagai kompetisi hingga meraih juara.

Menurutnya, di SMA Negeri 3 Kuningan terdapat kegiatan ekskul akademik dan non-akademik, dimana bakat siswa dapat dikembangkan sehingga bisa melahirkan jawara-jawara terbaik dalam bidang akademik maupun non akademik.

“Kami berharap kedepan semoga bisa lebih banyak lagi menciptakan siswa berprestasi, baik di bidang akademik maupun non akademik. Semuanya akan terwujud melalui sinergitas antara kepala sekolah, pengelola sekolah dan guru tenaga kependidikan (GTK) dalam rangka mewujudkan SMAN 3 Kuningan lebih MASAGI lagi, sesuai dengan visi SMA Negeri 3 Kuningan “Terwujudnya Insan Masagi dan Berwawasan Global”. Masagi dalam artian, Mandiri, Agamis, Sehat, Adaptif, Gotong royong dan Inovatif. (HEM/BK)