Redaksi
Selasa, 10/10/2023 03:12:00 PM WIB
EkbisHeadlineMuslimPendidikan

Peringati Maulid Nabi, KUA dan UPZ Kecamatan Cimahi Gelar Lomba Sholawat dan Santunan Anak Yatim

Advertisment

KUNINGAN, (BK).-


Sebanyak 13 majelis taklim Se-kecamatan Cimahi Kabupaten Kuningan mengikuti lomba Sholawat yang digelar oleh KUA dan UPZ Kecamatan Cimahi, Selasa 10 Oktober 2023.

Kegiatan yang digelar di halaman Madrasah Diniyah Nailurroja Desa Kananga tersebut dihadiri langsung oleh, Camat Cimahi Dian Ahmad Nasehudin S.STP M.Si, Kasubag TU Kemenag Kuningan Drs. Ahmad Sadudin M.Pd, Kepala KUA Cimahi Wawan Riswandi S.ThI.MH, Para Kepala Desa dan Kasi Pelayanan Desa seKecamatan Cimahi.

Kepala KUA Cimahi, Wawan Riswandi dalam sambutannya mengungkapkan, "Alhamdulillah saya ucapkan terimakasih kepada bapak Camat Cimahi, bapak Kasubag TU Kemenag, MUI, para tokoh masyarakat setempat, para kepala desa, para kasi pelayanan, pihak puskesmas serta para peserta majelis taklim sebagaimana telah hadir dalam kegiatan lomba sholawat dan santunan anak yatim ini. Semoga dengan kehadiran bapak dapat memberikan semangat bagi kami untuk terus melaksanakan dan memajukan syiar Islam," ucap Wawan


Tidak hanya itu, kami KUA Cimahi beserta UPZ Cimahi dan juga Para Penyuluh Agama Cimahi mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas banyaknya dukungan dari para pihak sehingga kegiatan hari ini dapat berjalan dan terlaksana dengan baik.

Secara pribadi saya mengapresiasi dan mendukung penuh atas adanya kegiatan yang biasa dilakukan oleh pihak upz atau para penyuluh dalam setiap tahunnya. Mungkin kegiatan hari ini berbeda dengan tahun lalu, tetapi kegiatan ini menjadi hal yang positif yang harus terus dilakukan sehingga ini akan menjadi agenda tahunan, Ungkapnya.

"Alhamdulillah semua majelis taklim yang ada di Kecamatan Cimahi bisa berpartisipasi aktif dan ikut memeriahkan lomba sholawat dan santunan anak yatim dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad Saw. Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan dampak yang positif bagi kita semua, terutama kekompakan dalam memajukan syiar Islam. Dan hal ini juga tidak terlepas adanya dukungan dan peran serta dari berbagai pihak seperti pihak kecamatan cimahi pemerintahan desa, para kasi pelayanan, pihak puskesmas, MUI, para tokoh Masyarakat dan para donatur yang mendukung kegiatan ini. Alhamdulillah dengan adanya peran aktif serta adanya dukungan baik moril dan materil kegiatan lomba sholawat ini bisa berjalan sesuai dengan rencana" ujarnya


Sementara dikatakan Kasubag TU Kemenag, Drs. Ahmad Sadudin M.Pd dalam sambutannya mengatakan, "Alhamdulillah hari ini masih masuk dalam bulan rabiul awal, dengan adanya kegiatan memperingati maulid nabi ini saya mengapresiasi adanya kegiatan lomba sholawat dan santunan anak yatim yang digagas oleh KUA, UPZ dan para Panitia Hari Besar Islam Kecamatan Cimahi khususnya para penyuluh yang ikut peran aktif dalam pelaksanaannya", ucap Kasubag TU Kemenag

"Ibu-bapak, lomba sholawat dan santunan anak yatim ini menjadi momentum yang pas, karena di bulan yang mulia ini kita harus memperbanyak membaca sholawat. Dan insyaallah, kita bakal mendapatkan syafaat dari Kanjeng Nabi Muhammad saw", ucapnya

Kenapa saya katakan kegiatan ini pas dan penuh dengan momen berkah, kata Sadudin. Karena kanjeng rosul saja saat lahir itu sudah yatim. Ayahnya meninggal saat rosul masih dalam kandungan, bahkan Kanjeng rosul pun bersabda "kaula sareung jalmi-jalmi anu ngurus budak yatim tiasa nyakeutan surga. Jadi deukuetna ibarat jari jangkung, jari telunjuk dan jari manis", (siapa saja yang mengurus anak yatim itu akan dekat dengan kanjeng nabi dan surga, dan dekatnya itu seperti dekatnya antara jari tengah, jari telunjuk dan jari manis.red). Jadi hal tersebut menjadi dekatnya kita dengan Kanjeng Nabi Muhammad saw dan mudah-mudahan ini menjadi jalan bagi kita semua untuk mendapatkan surganya Allah SWT, terangnya.

Ia pun mengucapkan terima kasih kembali kepada pihak-pihak yang terlibat dalam acara hari ini dan dirinya berharap adanya kegiatan yang berkelanjutan.

"Saya ucapkan terimakasih buat semuanya, alhamdulillah apa yang seperti diharapkan oleh kepala KUA, maka saya mengharapkan kembali kegiatan ini kedepan bisa berkelanjutan dalam setiap tahunnya bahkan kalau bisa kegiatan seperti ini bisa ada piala bergilirnya. Dan terkait santunan terhadap anak yatim ini harus tetap diteruskan, bahkan kalau bisa santunan yatim itu dilakukan tiap bulan, karena dapat kita rasakan bahwa magnetnya itu akan berbeda. Terakhir saya ucapkan, Selamat berlomba buat para majelis taklim semoga mendapat juara", pungkasnya


Dalam kesempatan tersebut Camat Cimahi, Dian Ahmad Nasehudin S.STP M.Si, meresmikan dan membuka secara langsung kegiatan lomba sholawat dan santunan anak yatim dalam rangka maulid Nabi Muhammad SAW.

"Alhamdulillah dengan kepemimpinan KUA yang baru ini kita dikompakan dengan adanya kegiatan seperti ini, dan ini terasa secara langsung oleh saya bahkan tidak hanya kekompakan dengan pihak KUA saja, kita juga bersinergi dengan pihak Puskesmas dan Pemerintahan Desa se-Kecamatan Cimahi, mudah-mudahan kegiatan seperti ini bisa terus dilaksanakan dalam setiap tahunnya. Dan menyangkut program-program UPZ di tiap desa pun bisa lebih optimal lagi dalam pelaksanaannya" ucap Dian

Untuk lebih lanjut, saya secara resmi membuka kegiatan lomba sholawat dan santunan anak yatim se kecamatan cimahi. Mudah-mudahan kegiatan ini berjalan dengan lancar sesuai dengan apa yang diharapkan. 


Sebelumnya dalam kegiatan tersebut dilakukan pula penyerahan bantuan alat sekolah dan uang santunan kepada puluhan anak yatim sekecamatan Cimahi. (Iwan / BK)