Redaksi
Rabu, 10/11/2023 09:10:00 AM WIB
BirokrasiHeadline

Sejumlah Anggota Poktan Peroleh Bantuan Alsintan

Advertisment

KUNINGAN, (BK).-


Salah satu upaya mendorong peningkatan produksi pangan, sejumlah anggota kelompok tani yang ada di Kabupaten Kuningan memperoleh bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan), berlangsung di halaman Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Selasa (10/10/2023).

Bantuan alat-alat pertanian yang bersumber dari APBN tahun anggaran 2023 itu, secara simbolis disampaikan Bupati H Acep Purnama SH MH, didamping Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kab. Kuningan, Dr Wahyu Hidayah MSi dan disaksikan anggota kelomp[ok tani lainnya. Peralatan yang diberikan sebanyak 23 Kelompok Tani itu berupa berupa mesin APPO sebanyak 4 unit, Cultivator 13 unit, Hand Traktor 2 unit dan Handsprayer 4 unit.


Dalam hal ini, Bupati Acep menitipkan bahwa bantuan Alsintan tersebut tidak semata-mata hibah, melainkan ada kewajiban kelompok tani yang harus dipenuhi agar pemanfaatan alsintan ini lebih optimal. Antara lain; pertama, alsintan ini harus dimanfaatkan untuk kepentingan kelompok tani dan anggotanya, bukan untuk kepentingan pengurus kelompok tani. Yang kedua, alat tersebut harus di rawat agar umur efektifitas penggunaannya lebih lama. Selain itu, alsintan ini benar-benar harus dijaga agar tidak hilang karena apabila hilang itu menjadi kewajiban kelompok tani untuk mengganti dimana hal itu sudah tertuang dalam naskah perjanjian hibah.

“Oleh karena itu, mari kita bersama-sama menjaga aset ini agar dalam jangka panjang dapat bermanfaat bagi petani. Dalam hal ini, bahwa dukungan dari pemerintah tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh kelompok tani sehingga petani mampu meningkatkan pendapatannya dan ikut berperan aktif membantu pemerintah dalam mensukseskan program-program pembangunan pertanian. Selain itu, bantuan ini diharapkan menjadi salah satu faktor yang secara langsung berperan dalam pengendalian inflasi di daerah” tutur H Acep.


Menurut Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kab. Kuningan, Dr Wahyu Hidayah MSi, menjelaskan, untuk di ketahui bersama, bahwa sampai dengan hari ini, pemerintah pusat maupun daerah melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Kuningan telah menyalurkan bantuan alsintan sebanyak 65 unit. Terdiri dari hand traktor 15 unit, cultivator 2 unit, motor roda tiga 2 unit, pompa air 6 unit dan hand sprayer sebanyak 40 unit. Total ditambah dengan penyaluran hari ini bantuan alsintan yang tersalurkan sebanyak 94 unit.

“Walaupun jumlah alsintan yang di distribusikan ke kelompok tani masih jauh dari jumlah ideal kebutuhan petani, akan tetapi bantuan ini diharapkan dapat mendorong efisiensi usaha tani sehingga secara langsung berdampak terhadap peningkatan percepatan tanam. Termasuk peningkatan indeks pertanaman, peningkatan produksi pertanian serta peningkatan pendapatan petani. Dimana salah satunya dapat mengurangi biaya usaha tani sehingga secara tidak langsung dapat meningkatkan pendapatan petani,” pungkas Wahyu. (HEM/BK)