Redaksi
Senin, 10/16/2023 06:47:00 AM WIB
HeadlinePendidikan

Siswa MTs PUI Kuningan Diperiksa Kesehatan Dan Diberi Pengobatan

Advertisment

KUNINGAN, (BK).-


Salah satu mewujudkan pola hidup sehat, sejumlah siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) PUI Kuningan diperiksa kesehatannya dan diberikan pengobatan oleh tim kesehatan, berlangsung di halaman sekolah setempat, Sabtu (14/10/2023).

Sebelum melakukan pengobatan, siswa diajak untuk melakukan senam kesegaran jasmani yang dipandu langsung oleh petugas kesehatan, Misti, beserta anggota lainnya sebanyak tujuh orang. Usai melaksanakan olah raga senam bareng, mereka satu persatu diperiksa kesehatannya. Pemeriksaan dari mulai kesehatan mulut, gigi, tenggorokan hidung dan telinga (THT). Pemeriksaan disaksikan langsung oleh guru MTs PUI Kuningan, Idah Siti Nurhamidah S.Pd dan tenaga pengajar lainnya.

“Kegiatan pemeriksaan kesehatan serta pemberian vitamin tambah darah ini dalam rangka melaksanakan Program Aksi Gizi Puskesmas Lamepayung Kuningan. Program tersebut selanjutnya dilakukan oleh sekolah agar para siswa dalam keadaan sehat selalu,” kata salah seorang pemeriksa kesehatan dari Puskesmas Lamepayung Kuningan, Misti.


Dijelaskannya, cara-cara minum vitamin tersebut dipandu langsung oleh petugas Puskesmas Lamepayung agar lebih tertib dan tepat sasaran. Mereka (para siswa) khususnya perempuan mendapat arahan pengobatan sesuai petunjuk petugas kesehatan. Sebab jika tidak dibarengi petugas dikhawatirkan obat tersebut tidak diminum. Mudah-mudahan melalui pemberian obat/vitamin tersebut para siswa MTs PUI Kuningan dapat melaksakan pola hidup sehat..

Kepala MTs PUI Kuningan, Iis Sutisna SAg, melalui seorang guru yang ditugaskan, Idah Siti Nurhamidah, mengemukakan, sebelum pemeriksaan para siswa melakukan makan bersama dengan membawa bekal dari rumah masing-masing. Hal tersebut dimaksud agar mereka (para siswa) membiasakan melakukan sarapan pagi sebelum berangkat ke sekolah. Dengan membiasakan sarapan tersebut, maka kondisi badan aka tetap terjaga. Termasuk melaksanakan senam bersama di sekolah sehingga kondisi akan tetap prima, meningkatkan semangat untuk belajar dan berprestasi.


“Insya Allah, program aksi gizi serta pemeriksaaan kesehatan bagi para siswa ini akan ditindak lanjuti oleh sekolah. Melalui pemeriksaan kesehatan secara rutin, paling tidak dapat mengantisipasi atau sebagai pencegahan timbulnya suatu penyakit,” tutur Idah.

Kembangkan Seni Handroh

Belakangan ini, MTs PUI Kuningan tengah mengembangkan seni bernuansa Islami, yakni musik hadroh. Aliran musik tersebut mendapat bimbingan langsung seorang guru baru yang memiliki keahlian di bidang seni musik tersebut. Untuk itu, Kepala MTs PUI Kuningan, Iis, cukup respon atas rencana pengembangan seni musik hadroh di sekolahnya. Musik hadroh ini dapat dimanfaatkan oleh siapa saja yang memerlukan hiburan bernuansa religius itu. Mudah-mudahan ke depan musik hadroh MTs PUI Kuningan akan semakin maju sehingga dapat menghibur masyarakat. (HEM/BK)