Redaksi
Selasa, 12/19/2023 07:59:00 AM WIB
HeadlinePendidikan

Para Juara Lomba Baris Berbaris Indah Antar Siswa Raih Piala Beserta Uang Kadeudeuh Dari DP Korpri Kuningan

Advertisment

KUNINGAN, (BK).-


Para juara Lomba Baris Berbaris Indah (LBBI) antar pelajar tingkat kabupaten meraih piala serta uang kadeudeuh dari Dewan Pimpinan (DP) Korpri Kab. Kuningan, berlangsung di halaman parkir timur Setda Kuningan, Senin (18/12/2023).

Rangkaian Lomba Baris Berbaris Indah (LBBI) dalam perayaan HUT Korpri ke-52 dinilai sukses selama dua hari berturut-turut. Bagi para juara penyerahan hadiah diberikan setelah apel pagi di Halaman Setda. Piala beserta uang pembinaan diserahkan langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Kuningan, Dr H Raden Iip Hidajat, M.Pd, dan Sekda Dr H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si, didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Kuningan, U Kusmana S.Sos MSi beserta pejabat lainnya.

LBBI merupakan kolaborasi antara DP Korpri Kuningan dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, serta Purna Paskibraka Indonesia Kab. Kuningan, Ketua Fawaz Ibrahim. Penilaian peserta dilakukan berdasarkan kriteria disiplin, kreativitas, keseragaman gerakan, kebersamaan, dan kerjasama tim. Rasa haru dan bangga terpancar dari para juara LBBI, yang dengan penuh dedikasi telah menjalani latihan dan kerja keras, menjadikan mereka bagian yang istimewa.


Para pemenang dengan kategori SD/MI, diraih juara 1, PBB dasar terbaik, pelatih terbaik, varfor terbaik, komandan terbaik. Juara 2, SDN 1 Sidaraja. Juara 3 SDN 1 Sidaraja. Harapan 1, SDN Cibeurem. Harapan 2, SDN 1 Cigadung. Harapan 3, Kostum terbaik, SDN Garawangi. Madya 1, SDN Cijoho. Madya 2, SDN 2 Babakan Reuma Madya 3, SDN 17 Kuningan.

Sementara itu, kategori SMP/MTS/Sederajat dimenangkan, Juara 1, PBB Dasar Terbaik, Pelatih Terbaik, SMPN 1 Lebakwangi. Juara 2, Variasi Formasi terbaik, kostum, SMPN 1 Ciawi Gebang. Juara 3, SMPN 2 Kuningan. Harapan 1, MTSN 2 Kuningan, Harapan 2 SMPN 3 Luragung, Harapan 3, SMPN 1 Kuningan. Dan Komandan terbaik dari SMPN 1 Cibingbin.

Untuk kategori SMA/SMK/MA, diantaranya Juara 1, PBB Dasar Terbaik, Pelatih Terbaik, Komandan Terbaik, SMAN 3 Kuningan. Juara 2, Varfor Terbaik, SMKN 3 Kuningan. Juara 3, SMKN 1 Luragung. Harapan 1, SMAN 1 Lebakwangi. Harapan 2, SMAN 1 Ciawigebang. Harapan 3, Kostum Terbaik, SMAN 1 Kuningan.

Pj. Bupati Kuningan menyampaikan apresiasi atas kesuksesan LBBI kepada penyelenggara dan peserta. Raden Iip Hidajat mengakui bahwa kegiatan ini telah membawa semangat kebersamaan, sportivitas, dan patriotisme di kalangan pelajar, dengan memberikan peluang untuk menggali potensi dan kreativitas.

“Selamat kepada para juara, semoga menjadi inspirasi bagi pelajar lain untuk belajar disiplin melalui kegiatan Baris Berbaris ini,” ucapnya.


Sementara, Sekda yang juga Ketua DP Korpri Kuningan, Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si, menambahkan apresiasi kepada kepala sekolah, guru pembina, dan pelatih LBBI atas suksesnya kegiatan ini. Ia menyatakan bahwa acara ini bukan hanya ajang kompetisi, melainkan juga momentum mempererat tali persaudaraan, kebersamaan, dan semangat kebangsaan di kalangan pelajar.

“Saya melihat dari pelaksanaan LBBI banyak pelajar yang memiliki potensi. Apapun hasilnya, bahwa kalian adalah yang terbaik. Teruslah bangkitkan semangatmu untuk menumbuhkan sikap disiplin dan saling percaya. Inilah bagian dari investasi yang terbaik bagi masa depan, Selamat bagi pemenang dan selamat bagi semuanya yang telah berjuang,” ungkapnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kuningan, U. Kusmana, S.Sos, MSi, mengungkapkan antusiasme luar biasa dari para pelajar yang berpartisipasi dalam LBBI di Kuningan. Total peserta mencapai 88 regu dengan rincian 33 peserta tingkat SD, 40 peserta tingkat SMP, dan 15 peserta tingkat SMA, melibatkan sekitar 850 pelajar. (HEM/BK)