Redaksi
Sabtu, 12/23/2023 08:56:00 AM WIB
HeadlinePendidikan

Pj Bupati Apresiasi MKKS SMP Kabupaten Kuningan Bersinergi Dengan Pemerintah Upaya Mencerdaskan Kehidupan Bangsa

Advertisment

KUNINGAN, (BK).-


Pejabat Bupati Kuningan, Dr Drs H Raden Iip Hidayat MPd, mengapresiasi Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kabupaten Kuningan yang senantiasa bermitra dan bersinergi dengan pemerintah upaya mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Saya merasa senang atas pertemuan dengan sejumlah pimpinan pendidikan SMP. Sebab para pendidik ini memiliki peran penting dalam membentuk generasi penerus bangsa disertai dedikasi tinggi. Sebab pelaku pendidikan ini sebagai pilar utama dalam memajukan dunia pendidikan, khususnya di Kabupaten Kuningan,” demikian diungkapkan H Raden Iip, dalam rapat kerja MKKS SMP berlangsung di Aula Bank BJB Kuningan, Kamis (21/12/2023).

Ia menambahkan, mari kita bersama-sama merancang program pembinaan karakter yang relevan dengan nilai-nilai luhur dan kebutuhan masa kini serta harus mampu menyesuaikan diri yang sejalan dengan dinamika pendidikan. Isu perundungan di sekolah harus menjadi perhatian serius semua pihak, sebab kita memiliki tanggung jawab moral untuk melindungi mereka. Mari kita ciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman bagi anak-anak didik kita semua.


“Harus kita ingat bahwa usia anak-anak SMP hari ini pada tahun 2045 mendatang dicanangkan akan menjadi Indonesia Emas, mereka kelak akan menggantikan kita semua, tentu ada yang menjadi kepala sekolah, tidak menutup kemungkinan menjadi bupati, menjadi Sekda dan sebagainya. Mereka akan menjadi pemimpin, maka harus dipersiapkan dari sekarang karena tidak terlepas dari peran guru sebagai pendidik untuk mencetak pemimpin di masa depan,” ungkap H Iip.

Tidak kalah penting, lanjut Iip, menjelang Pemilu nanti pertingnya netralitas bagi para ASN agar tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis. Oleh karena itu mari kita hanya fokus pada tugas pokok dan fungsi sebagai pendidik upaya membentuk generasi yang cerdas, beretika, berkepribadian dan berakhlakul karimah.

Rapat rutin MKKS SMP ini dihadiri oleh Sekretaris Dareha Kabupaten Kuningan, H Dian Rachmat Yanuar, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan U. Kusmana besera jajarannya, para Kepala SMP Negeri/Swasta se-Kabupaten Kuningan, Kepala Bank BJB Kab. Kuningan, Iwan serta undangan lainnya.


Berkaitan dengan hal itu, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kabupaten Kuningan, H Adang Kusdiana MPd, pihaknya tetap konsisten sebagai mitra pemerintah dan bertanggungjawab untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, disamping mencetak generasi pemimpin masa depan karena berada ditangan para pendidik. MKKS SMP Negeri/Swasta yang meliputi sebanyak 115 sekolah melaksanakan kegiatan rapat rutin ini untuk membahas berbagai kemajuan maupun perkembangan pendidikan. Baik upaya peningkatan mutu dibidang akademik maupun non akademik, secara internal maupun internal.

Dijelaskan H Adang, tanggungjawab pendidikan ini bukan hanya tanggungjawab pemerintah semata. Melainkan tanggungjawab bersama, baik dari unsur pemerintah (sekolah), masyarakat dan pihak swasta yang peduli terhadap kemajuan pendidikan di masing-masing daerah. Oleh sebab itu, MKKS Kab. Kuningan senantiasa berkolaborasi dengan para pihak, khususnya stakeholders pendidikan yang ada di daerah.

“Alhamdulillah, melalui kerja sama serta membangun sinergitas dengan stakeholders yang ada hingga kini tetap harmonis. Apalagi Kuningan ini dinyatakan sebagai Kabupaten Pendidikan yang dicanangkan beberapa tahun lalu. Program tersebut harus terwujud sesuai harapan masyarakat demi terciptanya peningkatan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Sebab majunya suatu bangsa sangat tergantung terhadap kualitas sumber daya manusia melalui proses pendidikan,” papar H Adang. (HEM/BK)