Redaksi
Selasa, 12/26/2023 09:37:00 PM WIB
HeadlinePendidikan

Sebelum Libur Panjang Sejumlah Siswa SMA Di Kuningan Gelar Pekan Olahraga Dan Seni Antar Kelas (Porak)

Advertisment

KUNINGAN, (BK).-


Seusai kegiatan Penilaian Akhir Semester (PAS) hingga menjelang libur panjang, sejumlah SMA Negeri maupun Swasta yang ada di Kabupaten Kuningan menggelar pekan olahraga dan seni antar kelas (Porak) berlangsung di masing-masing sekolah, berakhir Jumat (22/12/2023).

Kegiatan Pekan Olahraga dan Seni Antar Kelas yang kerap dilakukan oleh tiap sekolah itu setelah melaksanakan kegiatan Penilaian Akhir Semester (PAS) atau menjelang libur panjang. Kegiatan ini biasa dilakukan oleh masing-masing sekolah dalam rangka mengisi kekosongan setelah PAS sampai dengan prosesi pembagian raport memasuki libur semester.

Misalnya, sejumlah anggota OSIS SMAN 3 Kuningan periode 2023-2024 sempat mengadakan kegiatan PORSAK SMANTIKA tahun 2023 mulai Selasa-Jumat (12-15/12/ 2023) bertempat di Lapangan Sekolah setempat. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa SMA Negeri 3 Kuningan dari mulai kelas X, XI dan kelas XII. Maksud diadakannya kegiatan ini dalam rangka melaksanakan program OSIS bidang olahraga dan seni. Mereka (para siswa) dapat menyalurkan bakat dalam bidang olahraga maupun seni sebagai tolok ukur kemampuan siswa SMAN 3 Kuningan.


Adapun tema kegiatan tersebut yakni, “Junjung Tinggi Sportivitas dan Prestasi yang Berkualitas Demi Mewujudkan Smantika Masagi”. Porsak ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan tiap tahun di SMA Negeri 3 Kuningan. Kegiatan tersebut berlangsung aman, lancan dan tertib yang dibuka langsung oleh Kepala SMA Negeri 3 Kuningan, H. Moch. Chaeri, M.Pd.I. Kegiatan dimaksud dihadiri seluruh GTK SMA Negeri 3 Kuningan serta peserta Porsak. Rangkaian kegiatan Porsak dilaksanakan dengan berbagai lomba dari tiap kelas, antara lain; lomba futsal, lomba volley ball, lomba E-sport, lomba fashion show dari limbah dan lomba Pentas Seni (PENSI)

“Kegiatan Porsak tahun ini merupakan kegiatan yang dapat memberikan manfaat bagi para siswa untuk mewadahi minat serta potensi dalam bidang olahraga dan seni. Termasuk menjunjung tinggi sportivitas serta profesionalisme, serta penuh dinamika ketika pelaksanaan berlangsung. Kegiatan ini sangat penting untuk dilaksanakan guna mengangkat prestasi sekolah di bidang olahraga dan seni," Kepala SMA Negeri 3 Kuningan, H Moch Chaeri.


Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kab. Kuningan, H Tri Suknaedi, MPd, menjelaskan, kegiatan program Porak yang diselenggarakan di masing-maisng sekolah dalam rangka mengisi kekosongan waktu selepas pelaksanaan PAS. Selama Porak berlangsung, para siswa dapat mengembangkan minat, bakat dan potensi masing-masing. Mereka (para siswa) dapat menyalurkan bakat, baik di bidang olahraga, seni maupun potensi lainnya melalu kegiatan Porak seusai PAS tersebut. (HEM/BK).