Redaksi
Kamis, 1/18/2024 10:35:00 AM WIB
BirokrasiHeadline

Baznas Kuningan Gelar Rapat Kerja Bahas Peningkatan Program Lima Tahun Kedepan Berlangsung di Highland Ipukan Cisantana

Advertisment
Ketua Baznas Kab. Kuningan HR Yayan saat memberikan sambutan di acara Raker BAZNAS yang digelar Di Wisata Highlan Ipukan Cisantana.

KUNINGAN, (BK).-


Dalam rangkaian kegiatan hari ulang tahun (HUT) ke-23, Badan Amil Zakat (Baznas) Kabupaten Kuningan menggelar rapat kerja untuk membahas dan menyusun program lima tahun kedepan, berlangsung di kawasan wisata Highland Ipukan Cisantana, Rabu (17/1/2024).

Dalam kesempatan tersebut hadir Asda I Setda Kuningan, H Toni Kusumanto, didampingi Kabag Kesra Seta Kuningan, H Nurjati MPd. Selain itu, Ketua Baznas Kuningan, Drs HR Yayan Sofyan MM beserta komisioner lainnya. Yakni; Komisioner Bidang Penghimpunan-Pengumpulan, Dr KH Aang Asy’ari, Komisioner Bidang Pendidikan, H Yusros Kholid MSi, Komisionel Bidang SDM dan Umum, Dr H Uci Sanusi MPd, dan Komisionel Bidang Pelaporan dan Keuangan Drs KH Abdul Aziz Amarullah.


“Alhamdulillah, memasuki tahun 2024 kami melaksanakan Raker sekaligus memperingati HUT Baznas ke-23 untuk membahas dan melaksanakan program lima tahun kedepan demi kemaslahatan masyarakat yang ada di Kab. Kuningan. Diantaranya, mengoptimalkan lima program unggulan yakni; Kuningan sehat, makmur, takwa, peduli dan Kuningan cerdas. Kelima program tersebut harus dapat dirasakan langsung oleh seluruh komponen yang ada di masyarakat,” ungkap Ketua Baznas Kab. Kuningan HR Yayan.

Dijelaskan dia, sasaran program Baznas hingga saat ini terpokus pada penurunan angka kemiskinan, stunting (balita gagal tumbuh), serta peningkatan ekonomi produktif bagi para mustahiq sehingga suatu saat akan menjadi muzaki. Termasuk mendukung program pendidikan maupun memberikan bantuan terhadap para korban/musibah bencana alam dan menyalurkan bantuan bagi mereka (warga) yang berhak menerimanya. Dalam hal ini Baznas tetap istiqomah (konsinten) untuk melaksanakan tugas sebaik-baiknya sesuai amanah yang diberikan.


“Baznas ini adalah mitra pemerintah daerah dan selalu berkolaborasi dengan para pihak. Termasuk dengan para aghniya yang peduli terhadap permasalahan umat untuk ditangani secara bersama-sama. Mudah-mudahan melalui program Baznas ini dapat meringankan beban masyarakat sesuai peruntukannya. Untuk itu, Bazna membukan pintu lebar bagi para ASN untuk melaksanakan kewajiban membayar zakat sesuai ketentuan yang ada. Termasuk masyarakat yang ingin mengeluarkan hartanya, baik dalam bentuk zakat, infak dan sodaqoh (ZIS) alangah baiknya melalui Baznas,” harap HR Yayan.

Sementara Asda 1 Setda Kuningan, H Toni Kusumanto, pihaknya mengapresiasi atas upaya-upaya Baznas Kuningan yang selama ini tetap sinergis dengan pemerintah daerah dalam rangka membantu berbagai program kemanusiaan. Baik dalam penanganan kemiskinan, stunting, peningkatan ekonomi umat, maupun program lainnya. Semoga Baznas Kuningan selalu memberikan yang terbaik sesuai harapan banyak pihak sehingga akan menambah kepercayaan masyarakat sesuai amanah yang diembannya. (HEM/BK)