Redaksi
Rabu, 1/17/2024 09:17:00 AM WIB
EkbisHeadline

H Datam Sukses Pimpin Koperasi Guru Dan Karyawan SMA Negeri 3 Kuningan Selama Tiga Periode

Advertisment
Pimpinan Koperasi Guru dan Karyawan SMA Negeri 3 Kuningan H Datam

KUNINGAN, (BK).-


Merupakan suatu kebanggaan yang patut kita syukuri, H Datam dinilai sukses dalam memimpin Koperasi Guru dan Karyawan SMA Negeri 3 Kuningan selama tiga periode, berakhir melalui RAT tahun buku 2023, bertempat di ruang guru, Senin (8/1/2023).

“Kami selalu berupaya untuk menjamin kepuasan anggota dan tidak menutup amprahan sampai RAT digelar. Jasa pinjaman relatif ringan hanya hanya 1,75 persen yang semula 2 persen. Koperasi Guru dan Karyawan SMA Neger 3 Kuningan dalam melaksanakan RAT selalu tepat waktu,” ungkap H Datam, Selasa (16/1/2023).

Menurutnya, diakhir tutup buku (25 Des 2023) bisa mengembalikan pengambilan simpanan senilai diatas Rp 50 juta. Bahkan para anggota mendapat bingkisan dan door frize disediakan jauh-jauh hari. Malahan ada beberapa anggota penyimpan terbesar diatas Rp 100 juta. Hal itu menunjukkan bahwa koperasi tersebut dinyatakan sehat, tumbuh dan terpelihara sehingga menambah kepercayaan anggota.

“Alhamdulillah, kini masa bakti kami telah selesai dan pengurus terpilih Bapak Atik Yosaniar ST yang semula sebagai sekretaris, dan BP Ibu Nining Cartini yang semula Bendahara sebagai regenerasi penerus yang baik. Adapun kunci koperasi yakni; meningkat kesejahteraan anggotanya, dapat melayani dan terlayani. Selain itu, amanah, menjungjung tinggi keputusan RAT selalu menjungjung tinggi dan mentaati pedoman sebagaimana teruang dalam AD/ART,” harap H Datam.


Pembina Koperasi Guru dan Karyawan SMA Negeri 3 Kuningan, H Moch Chaeri MPd.I, mengemukakan, berdasarkan catatan koperasi ini memiliki asset atau kekayaan sebesar Rp 1,3 miliar lebih sedangkan sisa hasil usaha (SHU) yang diperoleh mencapai Rp 216.710.748,- pada rapat anggota tahunan (RAT). Kekayaan koperasi maupun SHU yang diperoleh bersumber dari simpanan para anggota yang dikelola sesuai prinsip dan jatidiri koperasi hingga mencapai keberhasilan.

“Namun demikian, koperasi juga mendistribusikan infak 5 persen dari SHU diperoleh tahun ini untuk disalurkan bagi yang berhak menerimanya. Diantaranya, rumah yatim dan sumbangan bagi pembangunan masjid,” kata H Moch Chaeri.


Pemilihan Pengurus


Dalam Pemilihan pengurus baru ini dilakukan secara langsung bebas sesuai dengan hati nurani dan rahasia. Teknik pemilihannya dengan cara setiap anggota diberikan kertas suara yang sudah terdapat format pengisian untuk menuliskan kandidat ketua, sekretaris, bendahara dan badan pemeriksa. Suara terbanyak ditetapkan sebagai pengurus koperasi periode 2024 – 2025. Dari hasil pemungutan suara tersebut terpilih Atik Dhama Yosaniar, sebagai Ketua Koperasi, Ichsan Nurfalach, Sekretaris, Sri Noviasari Bendahara, Nina Hanarita dan Nining Cartini sebagai Badan Pemeriksa Koperasi. (HEM/BK)