Redaksi
Sabtu, 1/27/2024 08:14:00 AM WIB
HeadlinePendidikan

MKKS SMA Dorong Program Akselerasi Kuningan Sebagai Kabupaten Pendidikan Yang Berkualitas Sesuai Harapan Masyarakat

Advertisment

KUNINGAN, (BK).-

Dari sekian banyak peserta rapat kerja dari berbagai stakeholders yang ada, salah satunya Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kabupaten Kuningan turut mendorong program akselerasi Kuningan sebagai Kabupaten Pendidikan berkualitas sesuai harapan masyarakat.

“Seluruh SMA yang ada di Kab. Kuningan turut berperan serta dalam mewujudkan program Kuningan sebagai Kabupaten Pendidikan. Kami akan mengkolaborasikan program Dinas Pendidikan Provinsi Jabar dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Kuningan dengan harapan dapat mewujudkan Kuningan sebagai Kabupaten Pendidikan,” kata Ketua MKKS SMA Kab. Kuningan, H Tri Suknaedi MPd, didampingi Pengurus Harian, H Moch Chaeri MPd.I, dalam kegiatan Raker akselerasi program Kuningan menuju Kabupaten Pendidikan, berlangsung di Hotel Grage Sangkan, Kamis (25/1/2024).


Dijelaskan dia, salah satu program yang terus dilakukan, selain untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah masing-masing, juga berupaya untuk meningkatkan angka melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi. Angka melanjut siswa SMA ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Swasta setiap tahun pelajaran baru selalu ada peningkatan. Oleh sebab itu, seluruh sekolah yang tergabung dalam MKKS SMA selalu berupaya agar lulusan dari masing-masing sekolah dapat melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi secara maksimal.

“Meski sekolah (SMA) secara administratif kewenangannya ada pada Dinas Pendidikan Provinsi Jabar, namun tidak bisa terpisahkan dengan program pemerintah daerah upaya memajukan pendidikan dalam rangka turut membangun anak bangsa,” ujar H Tri.


Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Kuningan, U Kusmana, S.Sos. MSi, pihaknya mengajak pada seluruh anggota tim akselerasi program Kuningan menuju Kabupaten Pendidikan, termasuk stakeholders yang ada plus seluruh MKKS SMA, MKKS SMK, MKKS SMP, KKM Madrasah Aliyah (MA), KKM MTs maupun komponen pendidikan lainnya untuk memberikan kontribusi maksimal serta menuangkan kreativitas dalam setiap langkah yang akan diambil.

“Saya mengajak seluruh anggota tim beserta stakeholder yang ada untuk menyampaikan ide-ide, inovatif, serta kreativitas dalam setiap langkah yang kita ambil demi menuju cita-cita Kuningan sebagai Kabupaten Pendidikan. Mari kita bersama-sama, untuk membangun fondasi yang kokoh dalam rangka mencapai cita-cita bersama, yaitu menjadikan Kuningan sebagai Kabupaten Pendidikan yang berkualitas dan memiliki sumber daya manusia (SDM) berdaya saing tinggi,” papar U Kusmana.

Menurut keterangan rapat kerja tim akselerasi Kuningan menuju Kabupaten Pendidikan ini diikuti sebanyak 150 peserta. Mereka terdiri dari tim perumus dan tim akselerasi dengan melibatkan kurang lebih sebanyak 32 komponen yang ada di masyarakat. Atas keseriusan seluruh peserta dalam rapar kerja tersebut, mereka optimis dalam waktu tidak lama lagi diharapkan Kuningan sebagai Kabupaten Pendidikan akan segera terwujud. (HEM/BK)