Redaksi
Selasa, 1/02/2024 10:05:00 AM WIB
HeadlineWisata

Obyek Wisata Desa Cibuntu Bakal Digelar “Festival Durian” Tingkat Kabupaten Kuningan

Advertisment

KUNINGAN, (BK).-


Desa Cibuntu Kecamatan Pasawahan dikenal sebagai kawasan wisata ternama bakal digelar Festival Durian tingkat Kabupaten Kuningan mengingat daerah tersebut sebagai penghasil durian mutu terbaik yang ada di wilayah tersebut.

“Insya Allah ke depan, agar Desa Cibuntu ini lebih dikenal oleh para turis domestik maupun mancanegara, kami rencanakan untuk menggelar sebuah event dalam bentuk Festival Durian, tingkat Kab. Kuningan,” kata Pj Bupati HR Iip Hidayat, saat berkunjung ke daerah tersebut, Sabtu (30/12/2023).


Kunjungan ke kawasan wisata Desa Cibuntu itu, dalam rangka Desa tersebut, dilakukan usai kegiatan penanaman pohon bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Bukit Lambosir Kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), Desa Setianegara, Kecamatan Cilimus. Pj Bupati didampingi Kepala Disporapar Kabupaten Kuningan Dr. Elon Carlan, M.Pd., Sekretaris Disporapar Drs Mamad Abdu Somad, beserta jajarannya, Camat Paswahan Cece Hendra K, unsur Forkopimda dan pihak lainnya. Mereka sempat mengunjungi beberapa lokasi di objek wisata Cibuntu. Diantaranya, Curug (air terjun) Gongseng, Situs Purbakala Saurip Kidul, dan mata air Cikahuripan.

“Alhamdulillah, hari ini kita berada di Desa Cibuntu, Kecamatan Pasawahan. Dimana Desa Cibuntu ini adalah desa wisata, dan tadi saya melihat ada harmonisasi penempatan per rumah-rumahnya, kemudian ada air terjun, kemudian ada situs juga disini, kemudian sumber mata air yang PH nya 7, dalam artian alam ini masih terjaga, utuh dan terjaga dari kerusakan maupun pencemaran,” ungkap HR Iip.


Untuk itu, HR Iip, pihaknya mengajak bahwa Cibuntu ini sebagai desa wisata yang maju, disertai perawatan yang berkelanjuta, dan saya mengajak seluruh element masyarakat untuk terus menjaga maupun melakukan penataan kelestarian lingkungan tersebut. Sebab kawasan ini banyak memiliki sumber daya alam yang dimiliki Desa Cibuntu. Adapun tujuannya adalah agar para wisatawan yang berkunjung dapat merasakan suasana alam yang nyaman, aman serta memberikan keindahan bagi para wisatawan.

“Oleh karena itu, saya mengajak kepada masyarakat dan para pemangku kepentingan di Desa Cibuntu ini untuk terus merawat kelestarian alam yang dimilikinya. Dengan harapan agar para wisatawan yang berkunjung ke objek wisata Cibuntu dapat merasakan kenyamanan. Seperti ketika saya beristirahat di pendopo ini, bisa merasakan suasana kenyamanan yang sangat harmoni di lingkungan alam ini,” ucapnya. (HEM/BK)