Redaksi
Selasa, 1/30/2024 06:00:00 AM WIB
HeadlinePendidikan

Pelepasan Pertukaran Mahasiswa Inbound PMM 3 Dimeriahkan Festival Budaya

Advertisment
Sejumlah mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi menggelar festival dalam acara pelepasan mahasiswa inbound program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) 3 di Universitas Kuningan (Uniku), berlangsung di Student Centre Iman Hidayat Kampus I, Senin (29/1/2024).

KUNINGAN, (BK).-

Pelepasan mahasiswa inbound peserta program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) 3 di Universitas Kuningan (Uniku) dimeriahkan berbagai festival budaya, berlangsung di Student Centre Iman Hidayat Kampus I, Senin (29/1/2024).

Sebanyak 45 mahasiswa inbound turut memeriahkan dalam berbagai kegiatan seni sehingga cukup menarik perhatian hadirin atas berbagai pertunjukan yang cukup menarik itu. Rangkaian kegiatan modul nusantara dalam program PMM 3, mahasiswa/i inbound menampilkan berbagai kebudayaan daerahnya masing-masing, diantaranya pakaian adat dan tarian daerah.

“Tidak terasa hari ini adalah hari dimana kita akan melepas teman-teman yang telah bersama kita selama 4 (empat) bulan. Teman-teman PMM ini hadir di Universitas Kuningan pada awal bulan September lalu. Tentu mereka akan kembali ke PT (Perguruan Tinggi) masing-masing,” ujar Wakil Rektor I Uniku sekaligus PIC Program PMM 3, Anna Fitri Hindriana.

Dalam kegiatan program PMM 3 Universitas Kuningan telah mengirimkan sebanyak 31 mahasiswa/i ke 16 PT penerima yang tersebar di pulau Sumatera, Lombok, Sulawesi, Maluku dan Bali. Begitu juga Uniku menerima 45 mahasiswa berasal dari berbagai 19 PT antara lain; Bali, Lombok, Maluku, Sulawesi dan Sumatera,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Universitas Kuningan, H. Dikdik Harjadi, mengatakan, kegiatan PMM ini adalah salah satu program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek.

“Tentunya ini memberikan makna yang sangat luar biasa, dulu ketika program ini belum ada, masing-masing mahasiswa hanya berkutat di kampus masing-masing,” tutur H Dikdik.

Menurut Dikdik, paling sederhana dengan adanya program PMM ini adalah bisa bertambah wawasan, pengetahuan, mengenal daerah lain salah satunya adalah daerah Kabupaten Kuningan.

“Mudah-mudahan momentum ini merupakan awal dari silaturahmi antara kalian dengan Universitas Kuningan. Kami berharap bahwa di waktu 4 bulan selama adik-adik belajar di Uniku mendapatkan ilmu, pengetahuan yang baru, sehingga bisa menjadi bekal bagi adik-adik dalam menyongsong masa depan,” harap H Dikdik (HEM/BK)