Redaksi
Jumat, 1/19/2024 09:20:00 PM WIB
BirokrasiHeadline

Pj Bupati Kuningan Menjadi Pembina Upacara Pramuka Di SMA Negeri 3 Kuningan Dalam Pembukaan Latihan Gugus Depan

Advertisment

KUNINGAN, (BK).-


Pejabat (PJ) Bupati Kuningan, Dr Drs H Raden Iip Hidayat MPd, menjadi pembina upacara pramuka bersama seluruh siswa, guru dan Tata Usaha SMA Negeri 3 Kuningan dalam pembukaan latihan Gugus Depan, berlangsung halaman di sekolah setempat, Jumat (19/1/2024).

Pembukaan latihan Gugus Depan 09129 Ki Hajar Dewantara dan Gugus Depan 09130 Raden Ajeng Kartini, dihadiri Ketua Kwascab Pramuka Kab. Kuningan, Kak Rana Suparman S.Sos. Selan itu, juga hadir Kepala SMA Negeri 3 Kuningan, Kak H Moch Chaeri MPd.I, para Wakil Kepala Sekolah (Wakasek), guru, Tata Usaha beserta seluruh Adik-adik berseragam pramuka.

Dalam kesempatan tersebut, PJ Bupati RH Iip, mengemukakan, bahwa gerakan pramuka adalah bagian penting yang tidak terpisahkan dari keberlangsungan sebuah bangsa dan negara. Gerakan pramukalah salah satu yang akan menjadi generasi pewaris yang mengemban serta mewujudkan cita-cita bangsa di masa depan. Termasuk para siswa SMA Negeri 3 Kuningan ini sebagai generasi penerus bangsa dimasa mendatang.


Menurutnya, melalui kegiatan pramuka, maka pembentukan karakter, mental, serta moral diharapkan mampu menjadi anak yang berkepribadian, tangguh dan berakhlak mulia. selain itu mampu membentuk peserta didik menjadi tangkas, cerdas dan menumbuhkan persaudaraan disertai semangat dalam mencinta tanah air dibawah naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Kami sampaikan arpresiasi setinggi-tingginya bahwa anak-anak ku (siswa SMA Negeri 3 Kuningan) mengambila matapelajaran ekstrakurikuler pramuka itu dinilai sangat tepat. Maka melalui wadah inilah, diharapkan adik-adik ini akan semakin mandiri dan membangun karakter yang tangguh sebagaimana tertuang dalam program kurikulum merdeka upaya mewujudkan pembentukan karakter pelajar Pancasila,” ungkap HR Iip.

Akhirnya ia berpesan kepada seluruh siswa agar belajar yang baik, giat dan rajin agar menjadi siswa berprestasi karena diera sekarang ini memasuki jaman kompetitif. Kemudian siswa harus menjaga etika dan moral dengan cara bersikap santun kepada orang tua, guru dan masyarakat.


Selain itu, pihaknya menyinggung perihal pesta demokrasi yang akan diselenggarakan 14 Februari mendatang, agar seluruh siswa berkontribusi kepada negara dengan ikut serta mencoblos sesuai dengan pilihannya. Bagi mereka (siswa) yang sudah memiliki hak suara, silahkan untuk menentukan pilihannya sesuai hati nurani masing-masing.

“Dengan mencoblos itu, adik-adik ini termasuk sudah memberikan kontribusi terhadap negara melalui haknya untuk mengikuti pesta demokrasi serta menentukan pilihannya demi kelangsungan kehidupan dalam berbangsa dan bernegara,” pungkas HR Iip. (HEM/BK)