Redaksi
Senin, 1/08/2024 07:59:00 AM WIB
HeadlinePendidikan

Setelah Libur Penilaian Akhir Semester Seluruh Siswa Kembali Masuk Sekolah Dijadualkan Hari Ini, Senin Tanggal 8 Januari 2024

Advertisment
Kepala SMA Negeri 1 Kadugede, Rhida Jaya Bhuana SPd, MPd, saat berpose di Halaman Sekolah.

KUNINGAN, (BK).-


Setelah memasuki libur panjang Penilaian Akhir Semester (PAS) seluruh siswa, termasuk seluruh siswa SMA Negeri/Swasta yang ada di Kabupaten Kuningan kembali masuk sekolah dijadwalkan hari ini, Senin (8/1/2024).

Memasuki awal tahun baru 2024, pada umumnya diawali dengan rapat persiapan seluruh guru yang dipimpin kepala sekolah masing-masing untuk menentukan tugas maupun program pendidikan ke depan. Misalnya untuk SMA Negeri 1 Kadugede, seusai rapat guru dilanjutkan dengan kegiatan kebersihan yang dilakukan oleh seluruh siswa. Karena setelah libur panjang diperlukan penataan sekolah agar tetap bersih dan indah agar nyaman dalam pelaksanaan kegiatan belajar dan mengajar.

“Untuk itu, baik sebelum maupun setelah libur panjang kami tetap konsisten dalam mewujudkan sekolah berbudaya lingkungan. Apalagi SMA Negeri 1 Kadugede sebagai Sekolah Adiwiyata Mandiri dan juara sekolah sehat yang harus dipertahankan, bahkan lebih ditingkatkatkan,” ungkap Kepala SMA Negeri 1 Kadugede, Rhida Jaya Bhuana SPd, MPd, melalui Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Humas, Drs H Jeje Sudiaji, Minggu (7/1/2024).

Dijelaskannya, SMA Negeri 1 Kadugede yang banyak meraih prestasi ini dinilai sukses dalam pembuatan Ecoenzim terbuat dari bahan alami. Ekoenzim ini hasil fermentasi limbah organik dapur menjadi bahan yang mempunyai banyak manfaat untuk alam dan manusia. Ekoenzim ini dapat dimanfaatkan dalam pertanian maupun pengembangan tumbuhan lainnya. Selain itu, ecoenzim sebagai herbisida dan pestisida alami yang rama lingkungan, filter air, pupuk alami untuk berbagai jenis tanaman dan bermanfaat bagi kebutuhan lainnya dalam memenuhi hajat hidup manusia.

Kepala SMA Negeri 3 Kuningan, H Moch Chaeri MPd.I, saat berada di ruang kerjanya. 

Sementara, Kepala SMA Negeri 3 Kuningan, H Moch Chaeri MPd.I, mengemukakan, memasuki hari pertama sekolah, Senin (8/1/2024), setelah menggelar apel pagi dilanjutkan dengan rapat pembagian tugas mengajar bagi para tenaga pendidik. Atas pembagian tugas mengajar tersebut agar lebih meningkatkan tugas pokok dan fungsi seorang guru dalam mengoptimalkan kinerja para guru upaya meningkatkan mutu pendidikan bagi para siswa itu sendiri.

Bahkan sebelum libur panjang atau usai kegiatan Penilaian Askhir Semester (PAS) SMA Negeri 3 Kuningan menggelar pekan olahraga dan seni antar kelas (Porak) berlangsung di sekolah setempat. Misalnya, sejumlah anggota Osis sempat mengadakan kegiatan PORSAK SMANTIKA tahun 2023. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa SMA Negeri 3 Kuningan dari mulai kelas X, XI dan kelas XII.

“Maksud diadakannya kegiatan ini dalam rangka melaksanakan program OSIS bidang olahraga dan seni. Mereka (para siswa) dapat menyalurkan bakat dalam bidang olahraga maupun seni sebagai tolok ukur kemampuan siswa SMAN 3 Kuningan,” papar H Chaeri.

Kepala SMA Negeri 1 Luragung, H Suleha MPd.

Hal yang sama disampaikan Kepala SMA Negeri 1 Luragung, H Suleha MPd, awal asuk sekolah dihari pertama melaksanakan kegiatan belajar dan mengajar (KBM) seperti biasa. Dengan harapan memasuki tahun 2024 ini keluarga besar SMA Negeri 1 Luragung akan menambah semangat baru serta mampu meningkatkan mutu pendidikan kearah yang lebih baik sesuai harapan masyarakat maupun kita semua. (HEM/BK).