Redaksi
Selasa, 2/20/2024 10:07:00 AM WIB
HeadlinePendidikan

MAN 1 (Ciggur) Kuningan Lantik Pengurus Lima Organisasi Ekskul Cetak Kader Anak Bangsa Yang Militan Dan Brilian

Advertisment

KUNINGAN, (BK).-


Madrasah Aliyah Negeri (MAN) I (Cigugur) Kuningan melantik sebanyak 120 siswa gabungan dari lima organisasi ekstrakurikuler dalam rangka mencetak kader bangsa yang militan dan brilian, berlangsung di halaman sekolah setempat, (17/2/2024).

Adapun organisasi ekstrakurikuler di bawah naungan MAN I Kuningan itu meliputi Gerakan Pramuka, Paskibra, PMR, Irmas, dan Relatika. Mereka (para siswa) para siswa yang tergabung dalam organisasi tersebut dalam melaksanakan kegiatannya dengan penuh disiplin disertai tanggungjawab tinggi. Pada penghujung acara, seluruh pengurus dari kelima organisasi ekstrakurikuler ini resmi dilantik dan dikukuhkan oleh Kepala MAN I Kuningan, Drs H Dadang Haerudin MA, melalui Wakil Kepala Madrasah (Wakamad) Bidang Kesiswaan, Rusyandi MPd, disaksikan Wakamad Bidang Humas Drs Ending Hasanudin SPd, MPd.I


Kepala MAN I Kuningan, Drs H Dadang Haerudin MA, mengemukakan, ada tiga hal yang harus diperhatikan oleh para pengurus kelima organisasi tersebut yakni; jalani regenerasi kepengurusan ini dengan penuh tanggung jawab; ikuti regulasi, taat terhadap aturan dengan cara berdisiplin diri.Selain itu, jaga diri dengan cara bersikap sopan santun, saling menghormati dan menghargai.

“Di pundak kalianlah terdapat tanggungjawab tinggi untuk meningkatkan kualitas kepengurusan organisasi ke arah yang yang lebih baik. Melalui organisasi yang kalian pimpin diharapkan dapat melahirkan kader-kader terbaik sebagai penerus bangsa,” harap H Dadang.

Menurut keterangan, nama-nama siswa terlantih sebagai memegang jabatan ketua adalah; Pasha Pramudya Albani, Pradana Pramuka Putra, Nurul Siti Nurfadilah, Pradana Pramuka Putri. Ismaya Ar Rasyid Ketua Paskibra, Fajar Budiman Ketua PMR, Tita Dwi Ramadhani Ketua Retalika, M. Ilyas Yasir Ketua Irmas.


Wakil Kepala Madrasah Bidang Humas MAN I Kuningan, Ending, mengatakan, bahwa pelantikan Gabungan Ekstra Kurikuler tahun ini bertemakan “Membangun Karakter dan Memperkuat Soliditas Organisasi”.

“Adapun tujuannya antara lain mewujudkan regenerasi kepengurusan organisasi ekstrakurikuler MAN I Kuningan, meningkatkan disiplin dan kecintaan di dalam menjalankan kegiatan ekstrakurikuler. Selain itu, membangun kader-kader yang berkualitas tinggi dan bertanggung jawab, menumbuhkan jiwa patriotisme kepada generasi muda, dan mensukseskan program kerja madrasah,” tutur Ending, penuh antusias menyaksikan para siswa dalam mengikuti kegiatan itu.

Menurutnya, sebelum dilantik, seluruh pengurus dari kelima organisasi ekstrakurikuler ini sempat mengikuti materi kegiatan meliputi; kebijakan umum ekstrakurikuler, Implementasi 5 K dan disiplin di madrasah, leadership/karakter building, administrasi organisasi, kegiatan internal ekstrakurikuler dan pembinaan mental rohani. Selain itu, rogram kerja lanjutan, senam masal, jalan-jalan siang, bakti sosial dan dialnjutkan dengan pelantikan

Menurut keterangan, sepanjang tahun, MAN I Kuningan yang berlokasi di Jl Cigugur-Kuningan Desa/Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan itu termasuk madrasah paling giat dalam mempersiapkan para siswanya sebagai kader anak bangsa yang militan dan brilian. Seluruh kegiatan yang sesuai dengan bakat dan minat siswa ini diwadahi oleh berbagai organisasi ekstrakurikuler yang dibentuk dan disyahkan oleh pihak madrasah.

Sebagaimana disampaikan Rusyandi, Wakamad Bidang Kesiswaan, bahwa pengalaman berorganisasi ini mampu membekali para siswa untuk melakukan yang terbaik kelak memasuki perguruan tinggi maupun di masyarakat.

“Jangan heran jika terdapat para alumni MAN I Kuningan aktif dan kreatif dalam berorganisasi. Baik di perguruan tinggi maupun di masyarakat, karena mereka sebelumnya sempat mengalami digodok di Kawah Candradimuka melalui berbagai organisasi ekstrakurikuler selama menjadi siswa di MAN I Kuningan yang memiliki tujuan, makna, manfaat yang jelas dan terukur,” tandas Rusyandi. (HEM/BK)