Redaksi
Jumat, 2/16/2024 07:18:00 AM WIB
#kemenagkuninganHeadlinePendidikan

MAN 1 (Cigugur) Kuningan Miliki 3 Program Unggulan Upaya Meraih Hidup Sukses Bagi Para Lulusan

Advertisment

KUNINGAN, (BK).-

Menjelang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024-2025, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 (Cigugur) Kuningan dipastikan sudah memiliki tiga program unggulan upaya meraih sukses bagi para lulusan sebagai bekal hidup dimasa yang akan datang.

Ketiga program unggulan tersebut yakni; boarding school (siswa berada di asrama), madrasah plus keterampilan (teknik kendaraan ringan- tatabusana) dan sebagai Madrasah/Sekolah Adiwiyata Nasional agar siswa memiliki kecintaan tehadap pelestarian lingkungan. Itulah ketiga program unggulan MAN 1 Cigugur yang kini tak pernah terhenti untuk selalu berbenah diri. Oleh sebab itu, memasuki tahun pelajaran baru mendatang, MAN 1 Cugugur siap untuk mengaplikasikan ketiga program unggulan tersebut.

“Boarding School Daarul Ilmi MAN 1 Cigugur memiliki program unggulan dibidang keagamaan seperti; tahfidz quran, tahfidz hadits dan kajian kitab kuning. Mudah-mudahan melalui program pendidikan dibidang keagamaan tersebut dapat mencetak generasi penerus bangsa yang beriman dan takwa terhadap Allah Swt,” ungkap Kepala MAN 1 Cigugur Kuningan, Drs H Dadang Haerudin MA, Kamis (15/2/2024).


Selain itu, ada kitab dan buku rujukan terdiri dari Bahasa Arab, Fiqih, Aqidah, Akhlaq, Hadits, Tafsir dan Bahasa Inggris. Apalagi ditunjang dengan kegiatan ekstra kurikuler sebanyak 22 matapelajaran sehingga anak didik kita dapat menyalurkan bakat dan minat masing-masing. Para siswa diberi kebebasan untuk memilik Mapel Ekstrakurikuler tersebut sehingga mereka dapat untuk melakukan pengembangan diri secara positif yang dapat bermanfaat bagi dirinya maupun orang lain.

“Sebagaimana dalam sebuah keterangan dikatakan, sebaik-baiknya manusia adalah yang dapat memberikan manfaat bagi orang lain,” papar Mantan Ketua Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MA Kabupaten Kuningan itu.


Mansaku Hebat

Apapun program pendidikan yang dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri yang satu ini sejalan dengan moto sekolah “Mansaku Hebat” (Madrasah Aliyah Negeri 1 Kuningan yang Humanis, Edukatif, Bersih, Agamis dan Terampil) melalui pendidik dan kependidikan yang profesional. Itulah moto sekolah yang hingga kini tetap dipertahankan secara istiqomah (konsisten) upaya peningkatan mutu pendidikan sesuai harapan masyarakat.

Adapun harapan sekolah kedepan, MAN 1 Kuningan lebih maju dan berprestasi, sehingga para lulusan banyak yang melanjutkan ke berbagai Perguruan Tinggi (PT). Prospek lulusan MAN 1 Kuningan dapat melanjutkan studi ke UNPAD, UPI, UNJ, UNSIL, UIN, UGM, UNY, UNBRAW, UNDIP, UNSUD maupun universitas lainnya. (HEM/BK)